Bungkam Filipina, Timnas Indonesia ke Semifinal Piala AFF 2022

Skuad Garuda lolos sebagai runner-up

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia sukses membungkam Filipina 2-1 dalam laga pamungkasnya di Grup A Piala AFF 2022, Senin (2/1/2023). Lewat hasil itu, Skuad Garuda dipastikan melaju ke semifinal.

Berduel di Rizal Memorial Stadium, Manila, tim besutan Shin Tae Yong sebenarnya sempat kewalahan menghadapi permainan Filipina. Tuan rumah begitu mendominasi lewat serangan balik dan umpan bola panjangnya.

Gawang Indonesia beberapa kali mendapat teror lewat skema permainan tersebut. Beruntung, barisan pertahanan Pasukan Garuda tampil begitu solid untuk meredam gaya bermain Filipina.

Setelah kesulitan menemukan ritme permainan terbaiknya, gol yang ditunggu akhirnya lahir dari kepala Dendy Sulistyawan pada menit 21. Dendy menyambar umpan lemparan jarak jauh yang dilepaskan Pratama Arhan.

Indonesia harus kehilangan kiper Nadeo Argawinata yang mendapatkan cedera usai berbenturan dengan Stephan Schrock. Kiper milik Bali United itu harus ditarik keluar untuk digantikan Syahrul Trisna menit 24.

Usai kecolongan, Filipina langsung meningkatkan intensitas serangannya. Alih-alih menyamakan kedudukan, gawang yang dikawal Anthony Pinthus kembali kebobolan menit 43.

Kali ini, Marselino Ferdinan yang mencatatkan namanya di papan skor untuk membawa Indonesia unggul 2-0 di jeda turun minum.

Pada babak kedua, tepatnya menit 59, Shin Tae Yong langsung melakukan rotasi di lini depan Timnas Indonesia. Witan Sulaeman dan Saddil Ramdani ditarik keluar untuk digantikan Yacob Sayuri serta Egy Maulana Vikri.

Masuknya Yacob dan Egy membuat Indonesia tampil lebih dominan, ketimbang di babak pertama. Pun, Egy sebenarnya bisa menambah keunggulan menit 66, jika tembakannya di depan gawang Filipina bisa tepat sasaran.

Filipina juga tak mengendurkan intensitas serangannya meski telah tertinggal dua gol. Sandro Reyes sempat menebar ancaman pada menit 76, usai mengecoh Fachruddin Aryanto.

Semenit berselang, Jens Rasmussen melepaskan tembakan keras, namun masih bisa ditepis Syahrul.

Gol yang ditunggu-tunggu Filipina baru tercipta pada menit 83. Berawal dari umpan akurat Schrock, Rasmussen sukses membobol gawang Indonesia lewat tandukannya.

Hingga peluit panjang dibunyikan, skor 2-1 tetap bertahan meski Timnas Indonesia sempat mendapat sejumlah peluang emas. Namun, hasil itu tetap mengantarkan skuad Garuda ke semifinal Piala AFF 2022.

Baca Juga: Memori Kemenangan 13-1 Timnas Indonesia Atas Filipina

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya