Erick Thohir: Kontroversi Wasit Indonesia Tak Ada Habisnya

Sudah siapkan solusinya

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, buka suara terkait sejumlah wasit yang dipanggil Penyidik Satgas Antimafia Bola, Senin (17/7/2023). Dia dibuat geleng-geleng kepala karena kontroversi wasit tidak ada habisnya.

Pada hari ini, Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Humas Polri Kombes Pol Nurul Azizah memanggil Ketua PSSI, Erick Thohir, terkait dugaan pungutan liar (pungli) dalam seleksi wasit Liga 1 musim 2023/24.

Namun, PSSI kemudian mengutus saksi A terkait kasus yang menyeruak di awal bergulirnya kompetisi Liga 1 musim ini

"Saya rasa, mengenai perwasitan yang menjadi kontroversi tidak ada habis-habisnya. Saya sebagai Ketua Komite Wasit tegas, bahkan hari ini ada beberapa pihak yang dipanggil Bareskrim untuk diperiksa," kata Erick Thohir kepada awak media, Senin (17/7/2023).

1. Segera rampungkan susunan Komite Wasit

Erick Thohir: Kontroversi Wasit Indonesia Tak Ada HabisnyaLogo PSSI. (Website/pssi.org)

Demi mengurangi kontroversi tersebut, Erick ingin segera merampungkan susunan pengurus Komite Wasit PSSI. Ada beberapa hal yang membuat struktur ini urung diresmikan, salah satunya menunggu sosok dari Jepang untuk menjadi wakilnya.

"Kami masih menyusun struktur perwasitan. Mungkin kalau memang harus dipercepat saya ingin isi orang Indonesia dulu. Paling lama pekan ini. Kemarin yang membuat terlambat karena saya menunggu nama dari Jepang, karena saya mau wakilnya dari sana. Mungkin minggu depan akan saya umumkan," ujar Erick.

Baca Juga: PSSI Masih Selidiki Dugaan Pungli Tes Wasit Liga 1

2. Kenapa harus dari Jepang?

Erick Thohir: Kontroversi Wasit Indonesia Tak Ada HabisnyaKetua Umum PSSI, Erick Thohir bertemu Presiden JFA, Tashima Kohzo, Kamis (16/3/2023). (Dok. PSSI).

Kiat tersebut tentu buntut kerja sama PSSI dengan federasi sepak bola Jepang (JFA). Ada dua ahli asal negeri matahari terbit yang akan ikut bergabung di Komite Wasit PSSI. Namun, mereka bakal memiliki tugas berbeda.

"Wakil saya nanti akan melakukan standarisasi wasit yang sudah ada di Liga 1 dan melatih penggunaan VAR. Ada 1 lagi figur dari Jepang yang berfokus melatih wasit-wasit di seluruh Indonesia," kata mantan Presiden Inter Milan tersebut.

3. Erick kasih ultimatum kepada wasit

Erick Thohir: Kontroversi Wasit Indonesia Tak Ada HabisnyaPSSI gelar seleksi wasit untuk Liga 1 musim 2023/24. (Dok. PSSI).

Kinerja wasit sudah menjadi sorotan meski Liga 1 musim 2023/24 baru menginjak pekan ketiga. Banyak keputusan kontroversial yang terjadi di atas lapangan dan membuat sejumlah pelatih klub berang.

Untuk kesalahan teknis, Erick akan memberikan evaluasi. Namun, kalau ada yang bermain mata, dia tidak akan pikir panjang untuk melaporkannya ke polisi.

"Kembali lagi, wasit kan perlu waktu. Mereka juga manusia. Kalau ada kesalahan, ya kita hukum, dan diperbaiki. Tapi, kalau ada yang bermain uang, ya kita tangkap. Saya gigit duluan!" kata Erick.

Baca Juga: Kacaunya Kualitas Wasit Liga 1 buat FIFA Geleng Kepala

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya