Kacaunya Kualitas Wasit Liga 1 buat FIFA Geleng Kepala

Dari 160 lebih wasit utama, hanya 18 yang lolos seleksi

Jakarta, IDN Times - Kacaunya kualitas wasit Liga 1 ternyata sampai membuat FIFA geleng-geleng kepala. Sebab, setelah menyeleksi 160 lebih wasit utama, hanya 18 orang yang berhasil lolos.

Seleksi wasit untuk Liga 1 musim 2023/24 ini sudah berjalan sejak Kamis (15/6/2023). Terobosan ini dilakukan untuk menjaga mutu pertandingan.

"FIFA juga sempat terkejut karena dari 160-an wasit tengah itu hanya 18 yang lolos," kata Direktur Utama PT LIB, Ferry Paulus.

Baca Juga: Demi Jaga Mutu, PSSI Seleksi Wasit untuk Liga 1 2023/24

1. Bakal pakai tambahan wasit asing?

Kacaunya Kualitas Wasit Liga 1 buat FIFA Geleng KepalaWasit Steven Yubel Poli saat memimpin laga pekan ke-17 BRI Liga 1 2022-23 antara Borneo FC Vs PSM Makassar di Stadion Sultan Agung Bantul, Jumat 23 Desember 2022. (Dok. Ofisial PSM Makassar/Agung Dewantara)

Seleksi ini dibantu dua ahli yang dikirim Federasi Sepak Bola Jepang (JFA). Mereka adalah Yoshimi Ogawa (Member of Japan Football Association Referee Committee) dan Toshiyuki Nagi (JFA Referee Instructor, JFA Top Amateur Referees Manager).

Kendati hanya 18 yang lolos, Ferry belum mau membahas soal potensi Liga 1 menggunakan jasa wasit tambahan dari asing. Semuanya masih dikaji PT LIB dan PSSI.

"Belum bisa dibicarakan karena memang masih tahap awal. Jadi baru di pembahasan detail kualifikasi yang diharapkan dan belum ada feed back dari departemen kompetisi soal hasil dari seleksi," ujar Ferry.

Baca Juga: Football Institute: 25 Wasit Liga 1 Tidak Lolos Tes JFA

2. Kualitas 18 wasit yang lolos masih dikaji ulang

Kacaunya Kualitas Wasit Liga 1 buat FIFA Geleng KepalaPresiden FIFA saat ini, Gianni Infantino (fifa.com)

Di sisi lain, 18 wasit yang lolos ini belum tentu sesuai standar. Mereka akan kembali ditinjau FIFA untuk mengetahui standarnya.

"Ini yang jadi konsen FIFA apakah 18 ini betul betul sesuai dengan kualifikasi atau tidak," kata Ferry.

Baca Juga: Mendunia, FIFA Pakai Lagu Aldi Taher untuk Lionel Messi

3. Presiden JFA juga akan turun langsung

Kacaunya Kualitas Wasit Liga 1 buat FIFA Geleng KepalaKetua Umum PSSI, Erick Thohir bertemu Presiden JFA, Tashima Kohzo, Kamis (16/3/2023). (Dok. PSSI).

Sementara itu, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengatakan, kerja sama ini juga diawasi langsung oleh Presiden JFA, Tashima Kohzo. Dalam waktu dekat, pria 66 tahun itu akan bertolak ke Indonesia.

"Presiden JFA akan datang langsung ke Indonesia untuk memastikan kerja sama ini berlangsung dengan baik," kata Erick beberapa waktu lalu.

Baca Juga: PSSI Gandeng Jerman Buat Perkuat Teknis Sepak Bola Indonesia

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya