Erick Thohir: Semoga Indonesia Hoki di Drawing Piala Dunia U-20 2023

Demi memperbesar kans Garuda Muda melaju ke fase gugur

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir berharap Timnas Indonesia U-20 mendapat kemujuran saat pengundian babak penyisihan grup Piala Dunia U-20 2023. Hal tersebut dibutuhkan untuk memperbesar kans Garuda Muda melaju ke fase gugur.

Drawing tersebut rencananya dihelat di Gedung Ksirarnawa Taman Budaya Art Center, Denpasar, Bali pada 31 Maret 2023 mendatang. Ini juga sebagai pembuka hajatan salah satu event paling bergengsi FIFA yang akan digelar di Indonesia, 20 Mei hingga 11 Juni 2023.

"Kita berdoa bersama agar hasil undian Timnas Indonesia bagus. Kita berharap timnas kita bisa berprestasi bagus di Piala Dunia U-20. Bisa lolos fase penyisihan grup," kata Erick Thohir dalam rilis yang diterima IDN Times, Minggu (12/3/2023).

1. Timnas Indonesia U-20 sudah punya modal bagus

Erick Thohir: Semoga Indonesia Hoki di Drawing Piala Dunia U-20 2023Timnas Indonesia U-20 di Piala Asia u-20 2023 Uzbekistan. (Dok. AFC).

Pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN tersebut pun optimistis tim asuhan Shin Tae Yong bisa berbicara banyak di Piala Dunia U-20. Erick menilai, Garuda Muda sudah punya modal yang bagus.

Hal tersebut diperlihatkan Hokky Caraka dan kolega ketika mentas di Piala Asia U-20 2023, pada 1-7 Maret 2023 lalu. Meski kandas di babak penyisihan grup, Garuda Muda dinilai sudah tampil ciamik meski tetap ada yang perlu dibenahi.

"Penampilan di Piala Asia U-20 di Uzbekistan lumayan, kita hanya kalah dari Irak. Tren positif perlu dijaga," ucap Erick Thohir.

Baca Juga: Tinjau Stadion Jakabaring, Erick Thohir Sebut Ada Catatan dari FIFA

2. Erick sudah tinjau venue Piala Dunia U-20 di Bali

Erick Thohir: Semoga Indonesia Hoki di Drawing Piala Dunia U-20 2023Ketua Umum PSSI, Erick Thohir saat meninjau Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali, Minggu (12/3/2023). (Dok. PSSI).

Erick juga sudah meninjau Stadion Kapten I Wayan Dipta, yang menjadi venue Piala Dunia U-20 di Bali. Persiapan disebut berjalan baik meski masih ada sedikit catatan.

"Persiapan Bali saya rasa baik baik, tinggal kita dorong bagaimana penyelesaiannya. Misalnya saja permintaan tambahan lahan parkir. Kementerian PUPR punya komitmen untuk menuntaskan. Demikian pula pemerintah daerah yang dapat tambahan pekerjaan baru. Semoga pada bulan April semua beres. Urusan lain seperti CCTV dan beberapa lainnya relatif aman," ujar Erick.

3. Piala Dunia U-20 jadi momentum peningkatan kualitas sepak bola nasional

Erick Thohir: Semoga Indonesia Hoki di Drawing Piala Dunia U-20 2023Logo Piala Dunia U-20 2023. (pssi.org).

Erick juga menganggap bahwa event terbesar kedua FIFA ini bisa jadi momentum meningkatkan standar sepak bola Tanah Air. Maklum, Piala Dunia U-20 direncanakan bakal memakai video assistant referee (VAR).

"Di enam stadion akan dipasang fasilitas VAR. Kita berharap setelah melihat sistem kerjanya, kita bisa memakainya usai Piala Dunia U-20. Daripada usai turnamen fasilitas dicopot, kalau memungkinkan kita beli sekalian. Tapi ini tentu harus dapat persetujuan FIFA. Doakan saja," ujar Erick.

Baca Juga: Piala Dunia U-20 Sebentar Lagi, Erick Thohir akan Tinjau 6 Venue

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya