Erick Thohir: Shin Tae Yong Tak Lagi Latih Timnas U-20

Siapa yang bakal gantikan Shin Tae Yong?

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir meringankan beban dari Shin Tae Yong. Arsitek Timnas asal Korea Selatan itu tak lagi ditugaskan sebagai pelatih Timnas Indonesia U-20.

Keputusan tersebut diambil setelah adanya perbincangan yang terjalin antara Erick dengan Shin. Pelatih 52 tahun itu pun senang soal apa yang direncanakan PSSI.

"STY dan saya sudah berbicara. Untuk Timnas U-20, cari pelatih lain," kata Erick Thohir dalam jumpa pers di Kantor PSSI, Jumat (28/4/2023).

Baca Juga: Kontrak Shin Tae Yong Berpotensi Diperpanjang PSSI

1. Fokus di Timnas U-23 dan senior

Erick Thohir: Shin Tae Yong Tak Lagi Latih Timnas U-20Pelatih Timnas Indonesia U-20 saat memimpin latihan Timnas Indonesia, di Uzbekistan, Jumat (3/3/2023). (Dok. PSSI).

Kebijakan itu dibuat guna Shin fokus di Timnas U-23 dan tim senior. Sebab, ada target besar yang harus diperjuangkan Shin untuk mengharumkan Indonesia di level internasional.

Seperti Piala Asia 2023 yang bakal berlangsung di Qatar pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024 dan lolos Piala Dunia 2026 via kualifikasi.

"STY akan fokus di Timnas U-23 dan tim senior. Itu supaya fokus, jangan semua diborong. STY juga senang saya usulkan seperti itu," kata Erick.

Baca Juga: Erick Thohir Akan Temui Shin Tae Yong, Bahas Kontrak di Timnas

2. PSSI siapkan program

Erick Thohir: Shin Tae Yong Tak Lagi Latih Timnas U-20Ketua Umum PSSI, Erick Thohir memberikan keterangan terkait pembentukan satgas, kompetisi, dan Timnas Indonesia, di Kantor PSSI, Jakarta, Jumat (28/4/2023). (IDN Times/Tino)

Eks Presiden Inter Milan itu mengungkapkan bahwa PSSI sedang merancang program untuk memajukan Timnas Indonesia, di semua kategori umur. Erick pun menjanjikan bahwa akan ada kejutan dari PSSI, bulan depan.

"Bagaimana dengan tim muda? Ada Bima Sakti di U-16 dan U-17. Kami juga sedang siapkan program. Nanti, ada kejutan 28 Mei (2023). Tapi, jagan buru-buru karena belum teken," kata Erick.

Baca Juga: Masa Depan Shin Tae Yong di Timnas Indonesia Segera Ditentukan!

3. Cari yang mirip Shin Tae Yong

Erick Thohir: Shin Tae Yong Tak Lagi Latih Timnas U-20Shin Tae Yong dalam konferensi pers. (IDN Times/Tino)

Kriterianya adalah pelatih yang punya gaya permainan serupa dengan Shin. Itu dibutuhkan, demi menjaga kesinambungan di setiap kategori. Kiat ini nantinya akan ditunjang dengan program yang sedang disiapkan PSSI.

"Mimpi saya ke depannya, antara pelatih senior dan yang muda harus punya karakter main yang sama. Jadi, kita punya ciri khas. Jangan nanti ganti pelatih, ganti juga permainannya yang buat pemain bingung," kata Erick.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya