Comscore Tracker

Hajar Amerika Serikat, Belanda ke Perempat Final Piala Dunia 2022

Denzel Dumfries jadi inspirator kemenangan Belanda

Jakarta, IDN Times - Belanda sukses membungkam Amerika Serikat (AS) pada babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar, Sabtu (3/12/2022). Menang 3-1 di Khalifa International Stadium, De Oranje melaju ke perempat final.

AS sebenarnya mampu memegang banyak penguasaan bola sejak peluit sepak mula dibunyikan. Menghadapi skuad Belanda yang bertabur bintang, The Yanks tetap berani untuk tampil menyerang.

Mereka bahkan nyaris unggul lebih dahulu saat duel baru berusia 3 menit. Sial, peluang emas yang didapat Christian Pulisic masih bisa dimentahkan dengan baik oleh kiper Andries Noppert.

Belanda justru lebih berbahaya dengan serangan baliknya. De Oranje yang mengandalkan kecepatan Denzel Dumfries terus mengeksploitasi sektor kanan pertahanan AS.

Upaya tersebut ternyata berbuah manis. AS kesulitan membendung Dumfries hingga akhirnya melepaskan dua assist.

Pada menit 10, Dumfries memberikan umpan tarik yang membuat Memphis Depay mampu memecah kebuntuan Belanda. Hal serupa dia lakukan saat Daley Blind menggandakan keunggulan pada detik-detik akhir babak pertama. Belanda pun unggul 2-0.

Pulisic dan kolega kembali mendominasi usai jeda turun minum. Sebanyak 3 peluang emas didapat saat duel pada babak kedua baru berjalan 5 menit.

Sayangnya, upaya Weston McKennie, Tim Ream, hingga Walker Zimmerman masih belum mampu membobol gawang Belanda. Mereka terus dibuat frustrasi oleh Noppert yang tampil impresif di bawah mistar Belanda.

Kebuntuan AS akhirnya pecah pada menit 76. Lewat aksi individunya, Pulisic mampu mengirim umpan silang ke depan gawang Belanda. Bola tersebut disambar dengan matang oleh Haji Wright untuk memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2.

AS yang asyik menyerang kembali meninggalkan celah besar di lini belakang. Kesalahan itu harus dibayar mahal karena tembakan first time Dumfries kembali memperlebar keunggulan Belanda pada menit 81.

Guna mengamankan keunggulan, Belanda mengencangkan soliditas di barisan pertahanan. Alhasil, skor 3-1 milik De Oranje bisa terjaga hingga peluit tanda berakhir dibunyikan.

Topic:

  • Gagah N. Putra
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya