Indonesia Berpeluang ke Semifinal Piala AFF 2022, Shin Tak Pilih Lawan

Optimisme Shin Tae Yong meninggi

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, cuek soal peta calon lawan Pasukan Garuda di semifinal Piala AFF 2022. Dia tak pilih-pilih lawan, karena siap menghadapi siapa pun di partai tersebut.

Timnas Indonesia selangkah lagi melaju ke semifinal Piala AFF 2022. Marc Klok dan kawan-kawan hanya membutuhkan hasil imbang atas Filipina dalam laga pamungkasnya di Grup A, Senin (2/1/2023).

"Saya sama sekali tidak peduli," kata Shin Tae Yong dalam jumpa pers jelang hadapi Filipina, Minggu (1/1/2023).

1. Timnas Indonesia berpotensi lawan tim kuat

Indonesia Berpeluang ke Semifinal Piala AFF 2022, Shin Tak Pilih LawanSelebrasi para pemain Indonesia sambut gol Egy Maulana Vikri ke gawang Kamboja (IDN Times / Tata Firza)

Sama seperti Grup A, persaingan di Grup B juga berlangsung sengit. Thailand, Indonesia dan Kamboja masih bersaing untuk merebutkan tiket semifinal di Grup A. Sedangkan, Vietnam, Singapura dan Malaysia juga mengalami hal serupa.

Situasi Thailand, Indoensia, Vietnam dan Singapura lebih menguntungkan karena mengoleksi tujuh poin. Sedangkan Kamboja dan Malaysia, hanya enam. Pun, semuanya masih memiliki asa untuk ke semifinal.

Nah, jika Indonesia hanya seri lawan Filipina, Pasukan Garuda bakal lolos ke semifinal dengan status runner-up. Dengan begitu, mereka bakal bersua juara Grup B, yang diunggulkan untuk menempati posisi tersebut. Itu karena mereka bakal bersua Myanmar dalam laga pamungkasnya di Grup B.

Baca Juga: Memori Kemenangan 13-1 Timnas Indonesia Atas Filipina

2. Shin Tae Yong tak peduli meski lawan Vietnam

Indonesia Berpeluang ke Semifinal Piala AFF 2022, Shin Tak Pilih LawanTimnas Vietnam di Piala AFF 2021 (Instagram.com/duymanh2909)

Meski begitu, Shin ternyata tak gentar jika harus menghadapi Vietnam di semifinal. Sebab, bagi pelatih 52 tahun tersebut, semua tim yang lolos ke semifinal memiliki kekuatan yang sama kuatnya.

"Mau bertemu Vietnam, Singapura atau Malaysia, saya tidak peduli. Pastinya, semua tim yang ke semifinal atau final merupakan tim kuat," kata Shin.

3. Fokus lawan Filipina dulu

Indonesia Berpeluang ke Semifinal Piala AFF 2022, Shin Tak Pilih LawanPemain Timnas Filipina yang berbahaya. (Instagram/@kenshirodaniels).

Shin tak mau ambil pusing soal semifinal, karena harus fokus lawan Filipina malam nanti. Dia lebih fokus untuk memperbaiki penyelesaian akhir skuad merah putih yang masih di bawah rata-rata.

Melawan Filipina, Shin meminta agar anak-anak asuhnya untuk bisa lebih jeli dan efektif. Sebab, momentum sekecil apapun bisa berdampak besar terhadap perjalanan Indonesia di Piala AFF 2022.

"Lawan Filipina dulu. Semua pertandingan ini final, kami tak mau menghindari tim kuat untuk lawan Indonesia (di semifinal). Kami sering gagal cetak gol, meski mendapat peluang emas. Banyak juga yang bicara soal penyelesaian akhir pemain kami kurang begitu baik," ujar Shin.

Baca Juga: Filipina Optimistis, Bisa Redam Permainan Timnas Indonesia

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya