Jokowi Ajak PSSI Intip Lapangan TC Timnas di IKN

Bakal dibangun dengan megah?

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir ,menyampaikan pemerintah benar-benar serius membantu federasi untuk memajukan sepak bola Indonesia. Salah satunya, pemerintah akan merealisasikan pembangunan lapangan pemusatan latihan (TC) untuk Timnas Indonesia.

Rencananya, lapangan itu bakal dibangun di Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur. Presiden Joko 'Jokowi' Widodo pun bakal mengajak federasi berkunjung ke sana, untuk mengintip lokasinya.

"Pemerintah siap membantu PSSI dalam membangun kamp khusus yang dibutuhkan oleh tim nasional. Infrastruktur lain, seperti lapangan-lapangan pertandingan yang memang akan dipakai untuk sederet kejuaraan internasional," kata Erick di Istana Negara, Senin (20/2/2023).

1. Belum tahu luas dan lokasi tepatnya

Jokowi Ajak PSSI Intip Lapangan TC Timnas di IKNPertemuan PSSI dengan Presiden RI, Jokowi di Istana Negara, Senin (20/2/2023). (Dok. PSSI).

Erick belum mengetahui lokasi tepat dan seberapa luas kamp yang bakal disediakan pemerintah. Hal tersebut baru akan diketahui setelah PSSI dan Jokowi berkunjung bersama ke IKN.

"Kami belum tahu di mana. Luasnya juga belum tahu, nanti kami diundang ke sana sama beliau," ujar Menteri BUMN tersebut.

Baca Juga: Pengurus PSSI Pimpinan Erick Thohir Dipanggil Jokowi ke Istana

2. Bentuk nyata dukungan pemerintah

Jokowi Ajak PSSI Intip Lapangan TC Timnas di IKNPertemuan PSSI dengan Presiden RI, Jokowi di Istana Negara, Senin (20/2/2023). (Dok. PSSI).

Rencana ini diapresiasi oleh mantan Presiden Inter Milan tersebut. Erick menilai, hal itu merupakan bentuk nyata dari dukungan pemerintah untuk memajukan sepak bola nasional.

Erick juga menyebut Jokowi ingin PSSI dan pemerintah bisa bekerja sama. Dengan gotong royong, Ketum PSSI periode 2023-2027 itu optimistis langkah memajukan sepak bola Indonesia bisa lebih mudah.

"Beliau juga mengharapkan kerja sama yang baik antara PSSI dengan pemerintah. Kami dari PSSI sangat mendukung hal ini, karena yakin perbaikan sepak bola tidak mungkin bisa kalau tidak bahu membahu transformasi ini," kata Erick.

Baca Juga: Otorita IKN Komitmen Lindungi Orangutan, Gandeng Yayasan Arsari

3. Kapan Jokowi ajak PSSI ke IKN?

Jokowi Ajak PSSI Intip Lapangan TC Timnas di IKNPengurus PSSI di Istana Negara, Senin (20/2/2023). (Dok. PSSI)

PSSI juga sudah mendapat bocoran soal kunjungan tersebut. Jika sesuai rencana, kunjungan Jokowi dan PSSI akan terlaksana pada Rabu (22/2/2023).

"Satu atau dua hari ke depan (PSSI) akan diajak Pak Presiden ke IKN untuk melihat potensi training center yang akan disiapkan," kata Erick.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya