Jokowi Sempatkan Main Bola Bareng Talenta Muda di Papua

Jokowi ikut uji coba lapangan Papua Football Academy

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo, telah meluncurkan Papua Football Academy (PFA), di Jayapura, Rabu (31/8/2022). Dalam kesempatan itu, Jokowi menyempatkan bermain sepak bola bersama para talenta muda asal Papua.

Jokowi ikut mencoba lapangan, dengan memakai kemeja putih, celana hitam panjang, serta sepatu olahraga. Dia dengan semringah melihat aksi calon pesepak bola asal Papua mengolah si kulit bundar.

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirahim, pada pagi ini saya luncurkan Papua Football Academy di Tanah Papua," kata Jokowi dalam pernyataan resmi yang diterima IDN Times.

1. Jokowi optimistis Papua bisa hasilkan banyak pesepak bola hebat

Jokowi Sempatkan Main Bola Bareng Talenta Muda di PapuaPresiden Jokowi di Papua Football Academy, Rabu (31/8/2022). (Instagram/@sekretariat.kabinet).

PFA merupakan hasil kerja sama dengan PT Freeport Indonesia. Optimisme Jokowi begitu besar dalam pengembangan sepak bola di usia muda ini.

Sebab, begitu banyak pesepak bola hebat asal Papua yang jadi kebanggaan Timnas Indonesia. Sebut saja Boaz Solossa, dan Ricky Kambuaya yang masih mentas di Liga 1 musim 2022/2023.

"Kita tahu, Tanah Papua telah melahirkan talenta berbakat. Ada Rully Nere, Johanes Auri, Alexander Pulalo, Boaz Solossa, Ramai Rumakiek, dan saya senang lihat Ricky Kambuaya," kata Jokowi.

Baca Juga: PSM Tumbang di AFC Cup 2022, Rekor Persipura Bertahan

2. Papua Football Academy wadah buat pemain bertalenta

Jokowi Sempatkan Main Bola Bareng Talenta Muda di PapuaErick Thohir resmikan Papua Football Academy. (dok. BUMN)

Pun, Jokowi memastikan anak binaan PFA memiliki kualitas yang mengesankan. Bukan hanya ahli meliuk di atas rumput hijau, tapi juga cerdas di bangku sekolah.

"Tadi juga sudah disampaikan ada 477 anak yang diseleksi dan sekarang hanya tinggal 30. Ini adalah talenta yang sudah diseleksi dengan baik, punya bakat, tak hanya ilmu sepak bola, pendidikan formal, serta sekolah," ujar Jokowi.

3. Ekspektasi PFA menuju pentas dunia

Jokowi Sempatkan Main Bola Bareng Talenta Muda di PapuaErick Thohir resmikan Papua Football Academy. (dok. BUMN)

Menteri BUMN, Erick Thohir, yang hadir dalam pembukaan itu juga memiliki optimisme yang tinggi. Erick berujar, dengan pembinaan yang baik dan profesional, bukan tak mungkin PFA bisa mengekspor putra daerahnya ke Eropa.

"Harapan kami, tentu muncul pemain asal Papua Football Academy yang akan bermain di Premier League, Serie A, atau LaLiga. Dengan usaha keras, Insya Allah kita bisa mewujudkannya," kata Erick.

Baca Juga: Persipura Turun Kasta, Jadi Duka Bagi Kita Semua

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya