Jordi Amat: Tujuan Saya Membawa Indonesia ke Ranking 100 Dunia

Timnas Indonesia punya masa depan yang cerah

Jakarta, IDN Times - Jordi Amat mengungkap mimpi besarnya bersama Timnas Indonesia. Kapten Johor Darul Ta'zim itu ingin membantu skuad Garuda menembus peringkat 100 besar dunia.

Perjalanan Timnas Indonesia memang masih panjang. Sebab, tim asuhan Shin Tae Yong masih berada di peringkat 147. Posisi itu naik tiga peringkat pada usai menjalani laga internasional pada September 2023.

"Tujuan kami adalah untuk menerobos ke peringkat 100 teratas. Saya ingin terlibat dan mencoba memperbaiki bagian ini di Indonesia," kata Jordi dilansir laman resmi FIFA.

1. Misinya berat, tapi yakin bisa tercapai

Jordi Amat: Tujuan Saya Membawa Indonesia ke Ranking 100 DuniaTwitter/ PSSI

Jordi tak tutup mata bahwa misinya tersebut bakal sulit dicapai. Mereka harus mendulang banyak kemenangan setiap melakoni agenda resmi FIFA.

Namun, hal tersebut justru memecut motivasinya. Apalagi, Indonesia saat ini memiliki generasi emas yang tergabung dalam kelompok umur 23 tahun.

"Saya tahu ini akan menjadi pertempuran yang berat, tapi kami memiliki potensi, sumber daya dan pemain untuk mencapainya," ujar Jordi.

Baca Juga: Jordi Amat Mau Balik ke Eropa, Gabung Klub Top Turki

2. Indonesia harus segera susul Jepang hingga Arab Saudi ke Piala Dunia

Jordi Amat: Tujuan Saya Membawa Indonesia ke Ranking 100 DuniaKapten Indonesia, Asnawi Mangkualam Bahar, saat dijaga Alejandro Garnacho serta Marcos Acuna. (IDN Times/Tata Firza)

Bek berusia 31 tahun itu juga bermimpi membawa Indonesia melangkahkan kaki ke panggung Piala Dunia. Bagi Jordi, Indonesia punya potensi besar untuk sejajar dengan Jepang hingga Arab Saudi pada masa yang akan datang.

"Dalam 15 tahun ke depan, kita akan melihat lebih banyak tim Asia di Piala Dunia," kata Jordi.

3. Incar hasil maksimal lawan Brunei

Jordi Amat: Tujuan Saya Membawa Indonesia ke Ranking 100 DuniaPotret TC Timnas Indonesia di Surabaya. (PSSI.org).

Jordi juga punya target jangka pendek. Dia membidik hasil maksimal kala menghadapi Brunei Darussalam di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada 12 dan 17 Oktober 2023 mendatang.

"Kami sepenuhnya sadar akan tantangan yang akan datang. Kami tahu itu dari awal. Kami ingin menang di setiap pertandingannya. Seperti pertandingan kita mendatang melawan Brunei, baik di kandang mau pun tandang itu sangat penting," kata Jordi Amat.

Baca Juga: Jordi Amat Bawa JDT Pertahankan Gelar Juara Liga Malaysia

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya