Keputusan Konyol Shin Tae Yong Mainkan Spaso, Witan, Saddil Semenit

Spaso, Witan dan Saddil baru main menit 90+4 lawan Vietnam

Jakarta, IDN Times - Strategi pergantian pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, saat ditahan imbang Vietnam 0-0 cukup mengherankan pada leg pertama semifinal Piala AFF 2022, Jumat (6/1/2023).

Dia hanya memainkan Ilija Spasojevic, Saddil Ramdani, dan Witan Sulaeman selama semenit di pengujung babak.

Ya, Indonesia memang tampil di bawah tekanan meski bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Penguasaan bola mereka jauh, 44 banding 56 persen.

Ketika butuh penyegaran di lini depan, Shin justru baru memasukkan Saddil, Witan dan Spasojevic di injury time, tepatnya menit 90+4.

1. Shin puas dengan performa para pemain yang sedang bermain

Keputusan Konyol Shin Tae Yong Mainkan Spaso, Witan, Saddil SemenitPelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (IDN Times/Tata Firza)

Ternyata, Shin memiliki alasan di balik keputusan konyolnya tersebut. Dia mengaku puas dengan para pemain di atas lapangan, dan tak mau gegabah untuk melakukan pergantian pemain.

Menilik statistik, barisan depan Pasukan Garuda sebenarnya memang butuh penyegaran. Meski menghasilkan sejumlah peluang, namun hanya dua yang berhasil tercatat sebagai shots on target.

"Dalam pertandingan ada banyak sekali keadaan yang terjadi di dalam lapangan. Tapi, pemain-pemain yang sebelum diganti, mereka sudah bekerja keras dan baik. Jadi saya tidak melakukan pergantian sebelum itu," kata Shin dalam jumpa pers usai laga.

Baca Juga: Pelatih Vietnam Kritik Pengamanan dan Jadwal Lawan Timnas Indonesia

2. Egy dan Witan cadangan di laga penting

Keputusan Konyol Shin Tae Yong Mainkan Spaso, Witan, Saddil SemenitSelebrasi para pemain Indonesia sambut gol Egy Maulana Vikri ke gawang Kamboja (IDN Times / Tata Firza)

Pemilihan pemain Shin di starting XI memang sedikit mengejutkan. Menghadapi Vietnam, pelatih 52 tahun itu justru menyimpan sejumlah pemain andalannya.

Witan dan Egy Maulana Vikri yang kerap dijadikan starter, justru dijadikan pemain cadangan. Pun, hanya Witan yang dimainkan, karena Egy tetap diparkir di bangku cadangan hingga peluit panjang dibunyikan.

3. Siap matangkan tim untuk leg kedua

Keputusan Konyol Shin Tae Yong Mainkan Spaso, Witan, Saddil SemenitLaga Timnas Indonesia versus Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jumat (6/1/2023). (IDN Times/Tata Firza)

Meski hanya membukukan hasil imbang dengan skor 0-0, Peluang Marc Klok dan kawan-kawan untuk melaju ke final masih terbuka lebar. Itu karena regulasi fase gugur Piala AFF 2022 menggunakan gol tandang.

Dengan begitu, Pasukan Garuda hanya butuh hasil imbang 1-1 pada leg kedua, untuk mengantarkan mereka ke partai puncak. Maka dari itu, Shin ingin mempersiapkan tim sebaik mungkin untuk bertandang ke My Dinh Stadium pada 9 Januari 2022 mendatang.

"Saya akan mempersiapkan tim dengan sebaik mungkin. Saya berterima kasih (kepada para pemain) karena bermain baik. Tapi sangat disayangkan tidak bisa memanfaatkan peluang," ujar Shin.

Baca Juga: Demi Masyarakat Indonesia, Marc Klok Mau Kalahkan Vietnam di Leg Kedua

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya