Kualifikasi Piala Asia, Timnas Indonesia U-20 Ditargetkan Juara Grup 

Indonesia akan hadapi Vietnam, Timor Leste, dan Hong Kong

Jakarta, IDN Times - Petualangan Timnas Indonesia U-20 di Kualifikasi Piala Asia akan dimulai pada Rabu (14/9/2022). Jelang turnamen, Garuda Muda sudah dibebankan target yang tinggi dari PSSI.

Marselino Ferdinan dan kawan-kawan ditargetkan untuk menjuarai Grup F agar bisa lolos ke Piala Asia. Hal itu diucapkan Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

"Target kami, Timnas juara di fase grup," kata Yunus Nusi ketika ditemui di Rakornas KONI, di Jakarta, Senin (12/9/2022).

Baca Juga: Menakar Kekuatan Lawan Timnas U-20 di Kualifikasi Piala Asia

1. Persiapan Timnas U-20 berjalan baik

Kualifikasi Piala Asia, Timnas Indonesia U-20 Ditargetkan Juara Grup Shin Tae Yong pimpin Timnas Indonesia U-19 latihan di Stadion Madya, Selasa (21/6/2022). (IDN Times/Tino Satrio)

PSSI optimistis lantaran Indonesia berstatus tuan rumah. Tergabung bersama Vietnam, Timor Leste, dan Hong Kong di Grup F, tim asuhan Shin Tae Yong diyakini bisa digdaya.

Memang, demi tiket ke Piala Asia di Uzbekistan tahun depan, Garuda Muda harus memanfaatkan status tuan rumah dengan baik.

Apalagi, persiapan mereka dikonfirmasi berjalan dengan baik setelah melakoni pemusatan latihan (TC) yang cukup lama, dan sempat menggelar laga uji coba. Shin Tae Yong pun dikatakan puas dengan fasilitas di Surabaya.

"Kami optimis karena anak-anak sudah bergabung semua dan sudah lama latihan. Pelatih juga puas dengan fasilitas yang ada di sana, seperti lapangan latihan. Dia juga sudah memerika lapangan di stadion. Target kami Timnas kita juara di grup," ujar Yunus.

2. Kesalahan di AFF tidak boleh terulang

Kualifikasi Piala Asia, Timnas Indonesia U-20 Ditargetkan Juara Grup Muhammad Ferarri saat menjadi kapten Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF 2022. (Instagram/@ferarrimuhammad).

Melirik peta kekuatan grup, Vietnam tentu saja menjadi lawan yang paling tangguh. Tapi, Hong Kong bisa menjadi kuda hitam.

Indonesia tidak boleh mengulangi kesalahan seperti di Piala AFF U-19 2022 beberapa waktu lalu. Tampil di depan publik sendiri, mereka malah gugur di fase grup.

Rasa sakit itu dirasakan usai dua kali ditahan imbang dengan skor 0-0 oleh Vietnam dan Thailand. Alhasil, mereka kalah head to head dengan Vietnam dan Thailand, meski memiliki poin sama dan surplus gol yang lebih banyak.

3. PSSI berharap tribun bisa selalu ramai

Kualifikasi Piala Asia, Timnas Indonesia U-20 Ditargetkan Juara Grup Timnas Indonesia U-19 hampiri suporter di tribun usai kalahkan Myanmar 5-1, Minggu (10/7/2022). (dok. PSSI)

Nantinya, seluruh pertandingan Grup F akan terlaksana di Stadion Bung Tomo, Surabaya. PSSI berharap tribune bisa dipadati suporter. Dukungan mereka begitu penting untuk membantu Garuda Muda meraih hasil yang maksimal.

"Kami harap kapasitas penonton bisa 100 persen. Kami memohon dukungan dari masyarakat Indonesia, khususnya di daerah Jawa Timur. Kami yakin kawan-kawan suporter Timnas bisa memberikan dukungan secara maksimal," ujar Yunus.

Baca Juga: Tiba di Kota Pahlawan, Timnas Hongkong Jajal Stadion G10N

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya