Kualifikasi Piala Asia U-20 2023: Hong Kong Tebar Ancaman

Hongkong optimistis bisa lolos dari kepungan tiga tim ASEAN

Jakarta, IDN Times - Pelatih Hong Kong U-20, Cheung Kin Fung, sudah menganalisis kekuatan pesaingnya di Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Dia optimistis bisa keluar dari kepungan tiga negara Asia Tenggara.

Ya, Hong Kong mendapat kepungan dari negara ASEAN di Grup F. Mereka akan berlaga di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, menghadapi Vietnam, Indonesia, dan Timor Leste.

Cheun Kin Fung tak mengelak gaya permainan tim Asia Tenggara berbeda dengan Asia Timur. Namun, dia optimistis bisa menyesuaikan taktik para pesaingnya di atas lapangan.

"Mengingat kami berbeda dari tiga tim yang ada, kami akan menyesuaikan diri dan ikut memperhatikan cara bermain mereka," kata Cheung Kin Fung dalam konferensi pers, Selasa (14/9/2022).

1. Bakal antisipasi kecepatan di sektor sayap

Kualifikasi Piala Asia U-20 2023: Hong Kong Tebar AncamanKiper Timnas U-19 Cahya Supriadi tampil menawan di bawah mistar gawang saat mentas di Piala AFF U-19 2022. (IDN Times/Tata Firza)

Pandangan Cheung Kin Fung, tim Asia Tenggara mengandalkan kecepatan di sektor sayap. Apalagi, mereka langsung menghadapi Vietnam di laga pembuka, Rabu (14/9/2022). Maka dari itu, dia bertekad untuk memperkokoh barisan pertahanan anak-anak asuhnya.

"Kami akan memperkuat lini pertahanan. Kita harus bertahan dengan solid. Mereka bakal bermain dengan tempo yang cepat. Kami harus memperhatikan pemain lawan yang memiliki kecepatan," kata Cheung Kin Fung.

Baca Juga: Jadwal Timnas Indonesia U-20 di Kualifikasi Piala Asia 2023

2. Hong Kong bidik hasil maksimal

Kualifikasi Piala Asia U-20 2023: Hong Kong Tebar AncamanKonpers pelatih Indonesia, Vietnam, Hong Kong dan Timor Leste jelang Kualifikasi AFC U-20. IDN Times/Ardiansyah Fajar.

Jadi satu-satunya tim di luar ASEAN, Hong Kong tak pesimistis. Mereka optimistis bisa menebar ancaman, dan meraup hasil yang bagus di Surabaya.

"Tim sudah siap untuk menghadapi tiga lawan Asia Tenggara. Semoga tim ini bisa tampil maksimal, dan mendapat hasil yang bagus," ujar Cheung Kin Fung

3. Vietnam datang dengan kekuatan baru

Kualifikasi Piala Asia U-20 2023: Hong Kong Tebar AncamanPemain Timnas U-19 saat dikepung pemain Vietnam di Piala AFF U-19 2022. (pssi.org)

Sementara itu, kiprah Vietnam mengandalkan kekuatan baru. Sebagian besar pemain yang di bawa pelatih Dinh The Nam berbeda dari Piala AFF U-19 2022 beberapa waktu lalu.

Meski begitu, Dinh The Nam mengakui keharmonisan anak-anak asuhnya sudah terjalin dengan baik. Pun, strategi dari dirinya sudah ditelaah dengan baik oleh mereka.

"Kami memiliki banyak pemain tambahan. Tapi kami tidak terlalu khawatir dengan chemistry di atas lapangan. Banyak dari mereka telah bermain bersama dan sudah memahami taktik saya," kata Dinh The Nam.

Baca Juga: Kualifikasi Piala Asia, Timnas Indonesia U-20 Ditargetkan Juara Grup 

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya