Kualitas Lapangan di Filipina Buruk, Timnas Indonesia Was-was

Shin Tae Yong minta skuad Garuda tak remehkan lawan

Jakarta, IDN Times - Misi Timnas Indonesia membungkam Filipina nampaknya akan berjalan sulit pada Selasa (21/11/2023). Sebab, skuad Garuda mendapat musuh lain, yakni kondisi Rizal Memorial Stadium yang mengkhawatirkan.

Rizal Memorial Stadium memakai rumput sintetis, tetapi kualitasnya dinilai kurang bagus.

Hal tersebut diakui Rafael Struick, yang pertama kali ikut Timnas Indonesia ke markas Filipina.

"Bukan bermaksud untuk tidak menghormati, lapangan ini benar-benar buruk. Rumputnya sangat keras, mungkin karena panas," kata Rafael Struick.

1. Ganggu aliran bola

Kualitas Lapangan di Filipina Buruk, Timnas Indonesia Was-wasTimnas Indonesia berlatih di Irak. (pssi.org)

Striker muda keturunan Indonesia-Belanda itu pun mengajak rekan-rekannya untuk lebih menjaga fokus. Sebab, bermain di lapangan seperti itu, akan mengganggu aliran bola dan menguras banyak tenaga.

"Akan sulit bermain di lapangan ini," ujar pemain ADO Den Hag tersebut.

Baca Juga: Ragam Rintangan Timnas Indonesia Jelang Lawan Filipina

2. Sudah coba beradaptasi

Kualitas Lapangan di Filipina Buruk, Timnas Indonesia Was-wasPotret latihan Timnas Indonesia di Rizal Memorial Stadium. (Dok. PSSI).

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong sebenarnya sudah menggeber proses adaptasi Jordi Amat dan kawan-kawan di Rizal Memorial Stadium. Kondisi tim disebut sudah siap tempur setelah menjalani pemulihan dan latihan taktikal.

"Pemain pun harus paham dan mengerti apa yang harus mereka lakukan sebelum melawan Filipina, jadi saya pun juga akan mempersiapkan pertandingan lebih baik. Hari ini kami latihan pemulihan fisik kembali dan beberapa taktikal. sekaligus latihan biar pemain cepat adaptasi dengan rumput sintetis," kata Shin.

3. Pantang remehkan Filipina

Kualitas Lapangan di Filipina Buruk, Timnas Indonesia Was-waspotret pemain Timnas Filipina (instagram.com/phifootballfederation)

Kondisi lapangan itu tentu saja menguntungkan Filipina, karena sudah terbiasa. Maka dari itu, Shin menegaskan kepada anak asuhnya pantang meremehkan tim berjuluk The Azkals tersebut.

Secara head to head, skuad Garuda memang memiliki rekor pertemuan yang fantastis. Namun, Filipina sudah jauh berkembang dan bisa saja mengejutkan Indonesia di Rizal Memorial Stadium.

"Saya menyadari sudah ada perubahan di Filipina. Level mereka sudah meningkat, dibandingkan beberapa bulan lalu saat kami bertemu. Beberapa pemain mereka ada yang tampil di Liga 1," kata Shin.

Baca Juga: Jadwal Siaran Langsung Filipina vs Timnas Indonesia

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya