Liverpool Dibantai, Juergen Klopp Malah Puji Erik Ten Hag

MU mengalahkan Liverpool dengan skor telak 4-0!

Jakarta, IDN Times - Pelatih Liverpool, Juergen Klopp, terkesima dengan Manchester United yang tampil mengesankan di laga pramusim. Dia menyebut, Setan Merah bermain lebih oke di bawah komando Erik Ten Hag.

Dalam duel tersebut Liverpool dibabat 0-4 oleh MU dalam duel yang digelar di Stadion Rajamangala, Bangkok, Thailand pada Selasa (12/7/2022). Setan Merah mengamuk lewat gelontoran gol, Jadon Sancho, Fred, Anthony Martial, dan Facundo Pellistri.

1. Erik Ten Hag hadirkan perubahan

Liverpool Dibantai, Juergen Klopp Malah Puji Erik Ten HagBruno Fernandes dan Anthony Martial merayakan gol ke gawang Liverpool / Twitter @ManUtd

Klopp menilai, MU jadi lebih agresif setelah ditangani Erik Ten Hag. Marking yang dilakukan pemain dan jarang terlihat beberapa musim lalu, kini terlihat baik bersama pelatih asal Belanda tersebut. Pertahanan mereka pun dicap lebih terorganisir.

Cara bertahan MU yang agresif dinilai jadi masalah bagi Liverpool dalam laga tersebut. Sebab, Klopp mengaku kebugaran anak asuhnya belum mencapai level 100 persen.

"Saya melihat banyak penampilan bagus dalam beberapa momen, tetapi tidak ada konsistensi, terkadang kami terburu-buru, cara MU bertahan dalam sistem penjagaan, terutama di lini tengah, kami memberikan bola dan mereka menyelesaikan momen, itu sudah jelas," kata Klopp dikutip Manchester Evening News.

Hanya saja, Klopp melihat jelas celah yang terbuka dari gaya bertahan Raphael Varane dan kolega. Jika ada pemain cepat yang masuk dari lini kedua, peluang bisa tercipta.

"Cara United bermain dengan ide penjagaan pemain ini, Anda membutuhkan lebih banyak fleksibilitas, ketika Harvey [Elliott] datang di tengah, kami lebih berbahaya," tambah Klopp.

Baca Juga: Darwin Nunez Gagal Bobol MU, Netizen Sebut Mirip Andy Carroll

2. Liverpool belum siap hadapi MU

Liverpool Dibantai, Juergen Klopp Malah Puji Erik Ten HagLaga pramusim Manchester United vs Liverpool, Selasa (12/7/2022). (liverpoolfc.com)

Klopp juga memiliki dalih atas kekalahan telak yang didapat. Menurut arsitek asal Jerman tersebut, Mohamed Salah dan kolega belum terlalu bugar setelah libur panjang.

MU memiliki keunggulan karena telah berlatih seminggu lebih awal. Namun demikian, Klopp sudah puas dengan apa yang diperlihatkan penggawa The Reds.

"MU telah berlatih seminggu lebih lama untuk grup inti. MU melakukannya dengan sangat baik, tetapi kami menunjukkan sekilas sepak bola kami ketika kami benar-benar berbahaya, beberapa momen cukup aneh sehingga kami tidak mencetak gol," ujar Klopp.

3. MU tetap butuhkan konsisten

Liverpool Dibantai, Juergen Klopp Malah Puji Erik Ten HagSesi latihan Manchester United di Thailand. (manutd.com)

Tentu ini awal yang bagus bagi Bruno Fernandes dan kawan-kawan. Bisa lebih agresif, dan tidak tumpul di lini serang. Akan tetapi, mereka butuh konsistensi.

Menilik pada musim lalu, MU memang tampil cukup oke di pramusim. Iblis Merah juga sempat jadi pemuncak klasemen Premiere League pada awal musim, sebelum akhirnya finis di urutan keenam.

Baca Juga: Liverpool Dihajar MU, Klopp Beralasan Pemain Belum Siap

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya