Manajer Sumardji dan Ofisial Thailand Damai Usai Terlibat Kericuhan 

Sumardji maafkan oknum pemukulan

Jakarta, IDN Times - Pihak-pihak yang terlibat dalam keributan yang muncul di laga Timnas Indonesia U-22 versus Thailand dalam final SEA Games 2023, Selasa (16/5/2023), telah berdamai. Sepotong video yang menunjukkan perdamaian antara manajer Timnas U-22, Sumardji, dengan ofisial Thailand yang memukulinya muncul dan menjadi viral.

Sumardji memang menjadi korban dalam kericuhan itu. Dia tersungkur usai ditendang dan dipukul oleh salah satu ofisial Thailand.

1. Sumardji anggap bentuk pengorbanan

@chandramargatama Pemuk*l manajer timnas (official thailand) datang minta maaf, sambil menangis dan berpelukan Source Youtube Prof Effendi Gazali #timnasindonesia #SeaGames2023 #serunyaolahraga ♬ Piano Violin Ibu Pertiwi - Aditya Cipta Gumilar

Selepas laga, oknum tersebut langsung menghampiri Sumardji. Dia meminta maaf, dan memeluk erat Sumardji berkali-kali dengan raut penuh penyesalan.

Sumardji pun sudah memberikan maaf, meski bibirnya sampai robek dalam insiden itu. Namun, bagi Sumardji, itu merupakan sebuah pengorbanan.

"Sudah lah tidak apa-apa. Namanya juga perjuangan, membutuhkan pengorbanan," kata Sumardji.

2. Ternyata begini kronologinya

Manajer Sumardji dan Ofisial Thailand Damai Usai Terlibat Kericuhan Timnas U-22 raih emas SEA Games 2023. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Sumardji juga menceritakan kronologi kericuhan tersebut. Semua bermula dari ofisial Timnas U-22, yang membalas selebrasi ofisial Thailand usai menyamakan skor 2-2 di akhir babak kedua.

Usai Irfan Jauhari cetak gol ketiga, ofisial Timnas U-22 berlari ke dekat bench Thailand, untuk berselebrasi. Namun, lawan yang emosinya tersulut langsung mengejar ofisial Timnas U-22.

"Ceritanya untuk membalas selebrasi waktu skor jadi imbang 2-2. Saya sudah sampaikan jangan, tapi rupanya ada yang tiba-tiba pukul dari belakang. Begitu dipukul, saya langsung jatuh," ujar Sumardji.

3. Bangga dengan emas perdana sejak 32 tahun

Manajer Sumardji dan Ofisial Thailand Damai Usai Terlibat Kericuhan Timnas Indonesia U-22 menang 3-0 atas Filipina di SEA Games 2023, Sabtu (29/4/2023). (Dok. PSSI)

Luka yang didapat Sumardji terobati oleh keberhasilan Timnas U-22 meraih medali emas. Dia bangga, karena itu emas perdana tim Merah Putih sejak 1991 silam.

"Tapi sekali lagi, ini adalah berkat dan rahmat dari yang kuasa, memberikan anugerah kepada kita setelah 32 tahun kita susah mendapatkan, hari ini, malam ini kita dapat," kata Sumardji.

Baca Juga: Profil Sumardji, Manajer Timnas yang Dihajar Ofisial Thailand

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya