Peran Penting Trio Naturalisasi Buat Timnas U-20

Proses naturalisasi telah disahkan di Rapat Paripurna DPR RI

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua Umum PSSI, Ratu Tisha Destria, berharap proses tiga pemain naturalisasi Timnas Indonesia U-20 bisa cepat rampung. Menurutnya, Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Rafael Struick, dinilai bakal punya peran penting buat Garuda Muda.

Itu terkait posisinya, yang dianggap sebagai tulang punggung tim. Kehadiran mereka bisa membuat lini belakang, tengah dan depan bisa lebih kuat.

"Mereka ini kan tulang punggung, posisinya itu bek, gelandang dan penyerang. Tiga posisi ini tulang punggung buat kami. Saya berharap secepatnya agar bisa bergabung ke tim," kata Tisha.

1. Bisa jadi inspirator tim

Peran Penting Trio Naturalisasi Buat Timnas U-20Aksi Rafael William Struick bersama Timnas Indonesia U-20 saat bersua Slovakia U-20, Sabtu (19/11/2022). (dok. PSSI).

Hubner, Jenner, dan Struick, dirasa Tisha bisa menjadi inspirator dalam tim. Itu karena mereka memiliki teknik di atas pemain lokal lainnya, berkat latihan di Eropa.

Maka dari itu, ilmu dan pengalamannya bisa dibagikan kepada Hokky Caraka dan kolega. Serta, Tisha juga mengharapkan adanya persaingan lebih untuk memacu pemain lokal meningkatkan kualitasnya.

"Piala Dunia U-20 itu levelnya sangat tinggi. Turnamen terbesar kedua FIFA di kategori laki-laki. Kami mengharapkan kehadiran mereka bisa meningkatkan persaingan dan kualitas pemain lokal. Ini langkah teknis yang harus kami ambil," kata Tisha.

Baca Juga: Pemerintah Janji Naturalisasi 3 Pemain Timnas U-20 Dikebut

2. Sempat disindir anggota DPR

Peran Penting Trio Naturalisasi Buat Timnas U-20Wakil Ketua Umum PSSI 2, Ratu Tisha di Gedung Nusantara II, Senin (20/3/2023). (IDN Times/Tino).

Hanya saja, penjelasan PSSI dalam permohonan naturalisasinya sempat mendapat kritik pedas Anggota Komisi III, Nasir Djamil. Nasir beranggapan PSSI seperti meremehkan pemain lokal Tanah Air.

"Aduh, saya tidak bisa bayangkan, sudah berapa lama organisasi sepak bola hadir di negeri ini. Kok belum ada pemain lokal yang tidak memiliki teknik seperti yang dimiliki mereka. Di mana wajah kita? Itu yang saya baca. Kok begitu telanjangnya dituliskan seperti ini. Ibaratkan pemain lokal tidak ada apa-apanya ketimbang mereka," kata Nasir menyikapi permohonan PSSI di halaman delapan poin satu.

3. Naturalisasi telah disahkan di Rapat Paripurna DPR RI

Peran Penting Trio Naturalisasi Buat Timnas U-20Rapat Paripurna ke-19 Masa Sidang IV Tahun Sidang 2022-2023 diketuai Puan Maharani, Selasa (21/3/2023). (IDN Times/Melani Putri)

Sementara itu, proses naturalisasi Hubner, Jenner dan Struick telah memasuki fase akhir. Naturalisasi mereka telah disahkan di Rapat Paripurna DPR RI ke-19 Masa Persidangan IV Tahun Sidang 2022-2023, Selasa (21/3/2023). Selanjutnya, mereka tinggal menunggu pengambilan sumpah kewarganegaraan.

"Sehubungan itu, kami memintakan persetujuan pada rapat paripurna ini, apakah permohonan pemberian pertimbangan kewarganegaraan RI atas nama Justin Quincy Hubner, Ivar Jenner, Rafael William Struick, dan Jerome Anthony Beane Jr, dapat disetujui?" tanya Ketua Umum DPR RI, Puan Maharani, mengutip Youtube TV Parlemen, Selasa (21/3/2023).

"Setuju," jawab para anggota.

Baca Juga: Shin Tae Yong Panggil 3 Calon Pemain Naturalisasi ke TC Timnas U-20

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya