Pemerintah Janji Naturalisasi 3 Pemain Timnas U-20 Dikebut

Tinggal menunggu pengambilan sumpah

Jakarta, IDN Times - Proses naturalisasi calon pemain Timnas Indonesia U-20, Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Rafael Struick, sudah memasuki fase akhir. Ketiganya pun dipastikan menyandang status Warga Negara Indonesia (WNI) dalam waktu dekat.

Hal tersebut diungkapkan perwakilan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum, (Dirjen AHU) Cahyo Rahadian Muzhar.

"Kami tidak mau kerja keras dari semua pihak jadi sia-sia. Ini sudah keputusan pemerintah saat mengajukan mereka untuk dinaturalisasi. Jadi pemerintah sendiri sudah siap dengan tahapan-tahapan yang harus dilalui," kata Cahyo selepas mengikuti rapat kerja bersama Komisi X DPR RI, PSSI dan Kemenpora RI, di Nusantara II, Senin (20/3/2023).

1. DPR wanti-wanti proses administrasi jangan sampai terlambat

Pemerintah Janji Naturalisasi 3 Pemain Timnas U-20 DikebutAksi Rafael William Struick bersama Timnas Indonesia U-20 saat bersua Slovakia U-20, Sabtu (19/11/2022). (dok. PSSI).

Anggota Komisi III, Hinca Pandjaitan, pun mewanti-wanti agar naturalisasi ini bisa segera rampung. Bahkan, dia meminta kepada Dirjen AHU untuk menyelesaikannya pekan depan.

"Itu kan Piala Dunia digelar Mei 2023, berapa lama proses naturalisasi kewarganegaraan selesai? Terhitung hari ini, sementara Mei tinggal hanya beberapa bulan saja. Sering kami mendapat informasi lambat juga ini di AHU. Apakah bisa berikan jaminan minggu depan selesai?" kata Hinca dalam dialognya di rapat kerja.

Baca Juga: Naturalisasi 3 Pemain Timnas Indonesia U-20 Disetujui DPR!

2. Hubner, Jenner dan Struick tinggal menunggu pengambilan sumpah

Pemerintah Janji Naturalisasi 3 Pemain Timnas U-20 DikebutJustin Hubner dan Ivar Jenner dipastikan tampil lawan Baerum U-20. (PSSI.org).

Setelah mendapat restu dari Komisi III dan Komisi X, proses naturalisasi Hubner, Jenner dan Struick akan disahkan dalam Rapat Paripurna DPR RI, Selasa (21/3/2023). Selepas itu, mereka tinggal menunggu untuk pengambilan sumpah kewarganegaraan.

"Besok Paripurna, kemudian tinggal proses di internal pemerintah yang harus dilalui. Pertama, nanti dari Sekretariat Negara, kemudian kembali ke Kemenkumham, lalu pengambilan sumpah dulu sebelum penerbitan KTP dan dokumen terkait," kata Cahyo.

3. Waktunya masih cukup

Pemerintah Janji Naturalisasi 3 Pemain Timnas U-20 DikebutDirjen AHU, Cahyo Rahadian Muzhar pastikan proses naturalisasi tiga pemain Timnas Indonesia U-20 cepat rampung. (IDN Times/Tino).

Piala Dunia U-20 yang akan bergulir pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023 memang sudah di depan mata. Namun, Cahyo optimistis proses naturalisasi ini bisa selesai, sebelum PSSI meminta daftar pemain dari Shin Tae Yong pada 1 April 2023 mendatang.

"Waktunya masih sangat cukup. Kami percaya diri, sudah koordinasikan dengan Kementerian/Lembaga terkait," ujar Cahyo.

Baca Juga: Giliran Komisi III Setujui Naturalisasi 3 Pemain Timnas U-20

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya