Piala AFF 2022: Malaysia Susah Payah Tekuk Myanmar

Malaysia dipaksa bertahan, tapi bisa menang

Jakarta, IDN Times - Malaysia sukses membukukan kemenangan dalam laga perdana Grup B Piala AFF 2022, Rabu (21/12/2022). Berduel di Thuwunna Football Stadium, Yangon, Harimau Malaya membekuk tuan rumah dengan skor tipis, 1-0.

Myanmar yang tampil di depan publik sendiri secara mengejutkan tampil terbuka. Dominasi yang mereka berikan sejak peluit kick-off dibunyikan memaksa Malaysia untuk bertahan cukup dalam.

Kebuntuan Myanmar nyaris pecah saat duel baru berusia 19 menit. Namun, fokus barisan pertahanan Malaysia masih terjaga dengan baik untuk menyapu ancaman dari tuan rumah.

Memasuki akhir laga, kedua tim melancarkan jual beli serangan. Tapi tidak ada peluang bersih yang mampu mereka ciptakan. Situasi itu membuat skor 0-0 terjaga hingga jeda turun minum.

Myanmar tetap mendominasi dengan terus memberikan tekanan. Ketika asyik menyerang, The White Angels justru mendapat kejutan karena sebuah kesalahan.

Serangan balik cepat yang dimotori Muhammad Safawi sukses dimanfaatkan dengan baik oleh Faisal Halim. Sepakan terukur Faisal berhasil menundukkan kiper Kyaw Zin Phyo pada menit 52.

Intensitas Myanmar langsung meningkat usai kecolongan. Namun, mereka cenderung melepaskan tembakan dari luar kotak penalti karena kesulitan membongkar kokohnya barisan pertahanan Malaysia.

Gempuran masif yang dilancarkan Myanmar nyaris berbuah manis pada menit 90. Itu berawal dari pelanggaran Sharul Nazeem di kotak terlarang.

Sial, satu-satunya kesempatan emas mereka dilewatkan begitu saja oleh Win Naing Tun. Tendangannya dimentahkan dengan mudah kiper Kalamullah Al Hafiz, yang sekaligus memastikan kemenangan Malaysia dengan skor 1-0.

Baca Juga: Jelang Piala AFF 2022, Marc Klok: Timnas Indonesia Sudah Padu 

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya