Comscore Tracker

Portugal Susah Payah Tundukkan Ghana di Piala Dunia 2022

Lima gol lahir di babak kedua

Jakarta, IDN Times - Portugal harus susah payah untuk memetik tiga poin dalam partai perdananya di Grup H Piala Dunia 2022, Kamis (24/11/2022) malam WIB. Berduel sengit dengan Ghana di Stadium 974, Portugal menang tipis dengan skor 3-2.

Dengan skuad terbaiknya, Portugal sudah mendominasi jalannya duel sejak peluit kick-off dibunyikan. Barisan depan yang berisikan Cristiano Ronaldo, Joao Felix, hingga Bernardo Silva mampu membuat barisan pertahanan Ghana kerepotan.

Efektif dalam menyerang, Portugal bisa saja unggul cepat jika peluang yang didapat Ronaldo bisa dieksekusi dengan matang pada menit 10. Sial, sentuhan pertamanya saat menerima umpan Bernardo justru gagal.

Pemain yang baru dipecat Manchester United itu mendapat peluang emas kedua pada menit 31. Dia bahkan sempat menggetarkan jala Ghana yang dikawal Lawrence Ati. Namun, gol tersebut tak disahkan setelah dianggap melanggar Alexander Djiku saat berduel di kotak penalti.

Sebaliknya, Ghana belum mampu memberikan perlawanan ketat. Mereka tak menemukan pola permainan terbaiknya karena terus ditekan. Beruntung, skor 0-0 tetap terjaga hingga jeda karena Portugal mengalami kebuntuan.

Dominasi pasukan Selecao das Quinas belum terputus di babak kedua. Portugal masih tampil berbahaya dalam membangun serangan. Sebaliknya, Ghana mulai berani tampil menyerang.

Upaya Portugal akhirnya berbuah manis pada menit 65. Ghana membuat kesalahan fatal karena melanggar Ronaldo di kotak terlarang. Maju sebagai eksekutor, pemilik lima ballon d'Or itu akhirnya sukses menggetarkan gawang Lawrence Ati.

Hanya saja, keunggulan itu tak berlangsung lama. Ghana yang sudah menemukan ritme mampu merepotkan barisan pertahanan Portugal. Berawal dari serangan balik, Andre Ayew sukses menyamakan kedudukan pada menit 73.

Barisan depan Portugal mengganas usai gawang Diego Costa kebobolan. Kehadiran Rafael Leao dan William Carvalho benar-benar menambah gedoran tim asuhan Fernandes Santos.

Felix kembali membawa Portugal unggul usai memanfaatkan umpan terobosan Bruno Fernandes pada menit 78. Kemudian, Leao, yang baru masuk menit 77, langsung mencatatkan namanya di papan skor menit 80.

Asyik menyerang, Portugal kembali dihukum lewat serangan balik Ghana. Osman Bukari memperkecil kedudukan pada menit 89. Sembilan menit tambahan waktu membuat duel semakin memanas.

Ghana yang membutuhkan satu gol penyeimbang seketika tampil meledak. Hanya saja, kemenangan tetap menjadi milik Portugal karena skor 3-2 tetap bertahan hingga peluit panjang dibunyikan.

Baca Juga: Cristiano Ronaldo Buntu, Portugal Ditahan Ghana 0-0 di Babak I

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya