PSSI Dorong Wasit Wanita Pimpin Pertandingan di Liga 1

Kapan bisa terealisasi?

Jakarta, IDN Times - Wasit wanita di Indonesia mendapat kabar baik. PSSI bakal membuka ruang agar mereka bisa berkontribusi di Liga 1, bahkan memimpin jalannya pertandingan.

Sinyal tersebut muncul saat Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menyambangi seleksi Timnas U-17 Indonesia di Lapangan A Gelora Bung Karno pada Rabu, 16 Agustus 2023.

Pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu menemui tiga wasit wanita yang bertugas dalam seleksi. Erick juga membicarakan rencana itu dengan Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru, Ferry Paulus.

"Pak Ferry, ini dong tarik ke Liga 1. Perlu ada wasit wanita di Liga 1," ujar Erick.

1. Ingin majukan wasit wanita Indonesia

PSSI Dorong Wasit Wanita Pimpin Pertandingan di Liga 1Erick Thohir buka peluang untuk wasit wanita di Liga 1. (IDN TImes/Tino).

Erick berharap, wasit wanita Indonesia bisa mendapatkan kesempatan memimpin pertandingan di level profesional. Liga 2 musim 2023/24 yang baru mau kick-off September mendatang bisa saja menjadi momentum buat mereka sebelum nantinya naik kelas ke Liga 1.

"Sejak awal menjadi Ketua Umum PSSI, saya memang mendorong jumlah wasit wanita semakin banyak. Ke depan mereka juga memiliki kesempatan memimpin pertandingan di level profesional," tulis Erick di Instagram pribadinya.

Baca Juga: Benahi Wasit, PSSI Bakal Datangkan Pierluigi Collina

2. Piala Dunia 2022 Qatar pakai wasit wanita

PSSI Dorong Wasit Wanita Pimpin Pertandingan di Liga 1Stephanie Frappart, Wasit Perempuan asal Prancis (Website/en.as.com)

Wasit wanita memang sudah banyak mendapat panggung di Eropa. Bahkan, sebagian dari mereka pernah memimpin sejumlah partai besar.

Contohnya dalam laga Kosta Rika versus Jerman dalam laga lanjutan Grup E Piala Dunia 2022. Stephanie Frappart bertugas sebagai wasit utama, serta Neuza Back dan Karen Diaz menjadi hakim garis dalam laga tersebut.

3. Harap bisa terealisasi

PSSI Dorong Wasit Wanita Pimpin Pertandingan di Liga 1Logo Liga 1. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Nilam, salah satu wasit wanita yang dihampiri Erick berharap wacana ini bisa terealisasi. Dia ingin wasit wanita Indonesia bisa diperlakukan sama dengan yang pria.

"Mudah-mudahan bisa terealisasi kesempatan untuk wasit wanitanya. Jadi, wasit wanita bisa punya target, dan jenjang seperti wasit laki-laki," kata Nilam.

Baca Juga: Sejarah Tercipta, Wasit Wanita Pimpin Laga Piala Dunia 2022

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya