Benahi Wasit, PSSI Bakal Datangkan Pierluigi Collina

Collina bukan wasit ecek-ecek

Jakarta, IDN Times - PSSI serius dalam hal pembenahan wasit, jelang bergulirnya kompetisi musim 2023/24. Tak tanggung-tanggung, mereka bahkan berencana mendatangkan eks wasit legendaris, Pierluigi Collina.

"Kami juga akan ada insentif. Saya mendorong FIFA mengirimkan wasit (Pierluigi) Collina, ya. Instruktur dari FIFA untuk datang ke indonesia agar ketemu para wasit juga, supaya kasih semangat kepada mereka," ujar Ketua Umum PSSI Erick Thohir di Jakarta, Kamis (22/6/2023).

1. PSSI pelan-pelan tingkatkan kualitas wasit

Benahi Wasit, PSSI Bakal Datangkan Pierluigi CollinaErick Thohir, Ketua Umum PSSI. (Dok. PSSI)

Erick berkata, secara perlahan PSSI akan meningkatkan kualitas wasit. Minimal, kualitas wasit PSSI setara level Asia dulu. Dari situ, baru jika ada kesempatan, wasit-wasit Indonesia bisa memimpin pertandingan kelas dunia.

"Jadi dari standar Asia dulu saja, nanti pelan-pelan bisa meloloskan wasit ke Piala Dunia, ke kejuaraan dunia, tapi kan memang yang namanya membangun perwasitan itu perlu waktu jangka panjang," ujar Erick.

Baca Juga: Football Institute: 25 Wasit Liga 1 Tidak Lolos Tes JFA

2. PSSI akan latih wasit untuk VAR

Benahi Wasit, PSSI Bakal Datangkan Pierluigi Collinaruangan ofisial VAR (fifa.com)

Erick juga menyebut, PSSI akan segera melatih wasit untuk VAR. Pelatihan ini akan berlangsung selama enam bulan, dimulai pada 20 Juli mendatang. Pelatihan ini perlu karena memang VAR butuh operator andal.

"Karena percuma ada VAR tapi wasit kita tidak bisa mencet-mencetnya, saya minta ke liga, bagaimana kalau WiFi mati, kan bisa disabotase, gimana nasib pertandingannya, itu harus dipikirkan," ujar Erick.

3. Pierluigi Collina bukan wasit sembarangan

Benahi Wasit, PSSI Bakal Datangkan Pierluigi CollinaPierluigi Collina (instagram.com/brfootball)

Collina selaku calon instruktur wasit Indonesia dari FIFA ini sejatinya bukan wasit sembarangan. Sosok yang dikenal karena kepalanya yang plontos dan sorot matanya yang tajam ini punya sederet pengalaman memimpin laga-laga besar.

Dua laga besar yang pernah Pierluigi Collina pimpin adalah final Liga Champions 1999 antara Manchester United lawan Bayern Muenchen, serta final Piala Dunia 2002 antara Jerman lawan Brasil. Pengalamannya ini akan berguna bagi wasit-wasit PSSI nantinya.

Baca Juga: Kacaunya Kualitas Wasit Liga 1 buat FIFA Geleng Kepala

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya