PSSI Mau Genjot Program Pembinaan Usia Muda di Luar Negeri

Gandeng pemerintah, 2 pemain dipastikan berangkat ke Eropa

Jakarta, IDN Times - PSSI menggandeng pemerintah untuk mendongkrak pembinaan usia muda di luar negeri. Baru saja mereka melepas dua pemain muda untuk berguru ke Hungaria selama enam bulan.

Mereka merupakan kapten Timnas Indonesia U-16, Iqbal Gwijangge dan Eriko Sulastiano. Keduanya akan bertolak ke Hungaria pada akhir bulan Januari 2023 untuk berlatih di Puskas Akademi, hingga Juli 2023 mendatang.

"Mudah-mudahan Iqbal dan Eriko bisa mengambil manfaat dari program ini," kata Indra Sjafri selepas bertemu Menpora Zainudin Amali di Kantor Kemenpora RI, Senin (30/1/2023).

1. Kerja sama dari KADIN Indonesia dan Duta Besar Indonesia di Hungaria

PSSI Mau Genjot Program Pembinaan Usia Muda di Luar NegeriPerdana Menteri Hungaria, Viktor Orban (Dokumen dari kantor Perdana Menteri Hungaria)

Program ini merupakan kerja sama PSSI dengan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia yang ditawarkan Duta Besar RI di Hungaria, Dimas Wahab, sebagai tindak lanjut usai Perdana Menteri Hungaria menemui Presiden Joko 'Jokowi' Widodo di Indonesia, beberapa waktu lalu.

Program ini sebenarnya bisa terealisasi sejak lama. Hanya saja, wacana tersebut terhalang karena pandemik COVID-19 dan baru bisa diwujudkan pada tahun ini.

"Program ini memang sudah ada sejak lama. PM Hungaria bertemu dengan presiden Jokowi di Istana dan menawarkan program beasiswa untuk para pesepak bola muda di Indonesia," kata Wakil Ketua Bidang Sport Industri Olahraga KADIN, Irawadi Hanafi.

Baca Juga: Tips Edgar Davids Buat Pemain Indonesia Sukses di Luar Negeri

2. Pemerintah nantikan tawaran beasiswa lainnya

PSSI Mau Genjot Program Pembinaan Usia Muda di Luar NegeriJumpa pers di Kantor Kemenpora RI, Senin (30/1/2023). (IDN Times/Tino).

Dengan adanya program ini, Menpora Amali begitu berharap ada Duta Besar lainnya yang menawarkan program serupa. Pun, pemerintah berjanji akan mendorong program-program yang memajukan atlet tanah air.

"Ini adlaah program yang bagus. Prinsipnya, pemerintah memberikan dukungan dan dorongan supaya makin banyak program-program seperti ini," ujar Amali.

3. Iqbal dan Eriko tak sabar latihan di Hungaria

PSSI Mau Genjot Program Pembinaan Usia Muda di Luar NegeriKapten Timnas U-17, Muhammad Iqbal Gwijangge. (Twitter/@PSSI).

Iqbal dan Eriko pun mengaku tak sabar untuk berguru di Hungaria. Mereka berharap bisa menimba ilmu dengan baik agar kelak menjadi pesepak bola yang hebat.

"Semoga saya bisa mendapat banyak ilmu untuk ditanamkan di diri saya. Semoga, ilmu yang didapat bisa membuat saya menjadi pemain yang lebih bagus," kata Iqbal.

"Terima kasih kepada semuanya yang telah mau mengupayakan agar saya bisa berlatih di Puskas Akademi. Semoga, saya di sana bisa betah dan bisa bermain bola lebih baik lagi," ujar Eriko.

Baca Juga: Puja-Puji untuk Penggawa Timnas U-16, Azzaky Esa Erlangga

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya