PSSI: Timnas U-22 Tak Salah dalam Keributan SEA Games

AFC berpotensi kasih hukuman ke Indonesia dan Thailand

Jakarta, IDN Times - Konfederasi Sepak bola Asia (AFC) memutuskan untuk menginvestigasi kericuhan yang terjadi di final SEA Games 2023, antara Timnas Indonesia U-22 kontra Thailand, 16 Mei 2023 lalu. Dengan keputusan AFC, ada potensi Indonesia bersama Thailand kena sanksi.

Hanya saja, PSSI merasa yakin kalau AFC tak akan menjatuhkan sanksi kepada Indonesia. Manajer Timnas U-22, sekaligus anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Sumardji, yakin betul Indonesia tidak salah. Keyakinan itu muncul lantaran Sumardji menjadi saksi sekaligus korban dalam kericuhan tersebut.

"Kami tidak bisa disalahkan," kata Sumardji saat ditemui di Hotel Fairmont, Kamis (18/5/2023). 

1. Thailand dianggap cari perkara

PSSI: Timnas U-22 Tak Salah dalam Keributan SEA GamesLeon James. (Instagram/@changsuek).

Final SEA Games 2023 memang berjalan begitu panas. Kedua tim tak mampu menahan emosi, hingga menimbulkan dua keributan dalam laga tersebut.

Keributan pertama terjadi saat Thailand menyamakan skor 2-2 jelang peluit babak kedua dibunyikan. Kericuhan ini dipicu lewat selebrasi ofisial Thailand yang menghampiri bench Indonesia.

Kericuhan yang lebih parah terjadi ketika Timnas U-22 kembali unggul lewat gol Irfan Jauhari, saat duel di perpanjangan waktu baru berjalan satu menit. Ofisial Timnas U-22 membalas apa yang dilakukan lawan, namun langsung mendapat serangan.

"Insiden pertama itu, juga kami tidak bisa disalahkan. Kan mereka yang datang ke tempat kami. Kalau insiden kedua, dari kami memang ada yang menghampiri. Tapi, belum sampai bench, sudah ditarik dan dipukuli," kata Sumardji.

Baca Juga: Indonesia dan Thailand Terancam Sanksi AFC Buntut Ribut di SEA Games

2. Persilakan AFC tinjau tayangan ulang

PSSI: Timnas U-22 Tak Salah dalam Keributan SEA GamesLogo AFC. (the-afc.com)

Menurut Sumardji, AFC hanya perlu melihat tayangan ulang secara utuh. Rekaman pertandingan sudah menguatkan bukti bahwa Indonesia tidak bersalah.

"Kalau memang mau investigasi, ya lihat rekaman itu secara utuh. Itu akan ketahuan siapa yang salah dan tidak," ujar Sumardji. 

3. Indonesia memang bisa kena sanksi

PSSI: Timnas U-22 Tak Salah dalam Keributan SEA GamesTimnas Indonesia U-22 gilas Myanmar 5-0, Kamis (4/5/2023). (Dok. PSSI)

Di sisi lain, Sumardji tak menampik Indonesia memang bisa saja kena sanksi. Namun, tidak akan lebih berat dari Thailand yang dianggap sebagai pemicu keributan.

"Kalau semisalnya kena sanksi, tapi lebih beratnya ya ke Thailand. Mereka yang memulai dan kami hanya membela diri," kata Sumardji.

Baca Juga: Kisah Kapten Timnas U-22 Rizky Ridho Datangi Thailand dan Minta Maaf

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya