Ronaldo Buat Ulah,  Erik Ten Hag: Harus Ada Konsekuensi

Sikap buruk Ronaldo bisa merusak budaya tim

Jakarta, IDN Times - Manajer Manchester United, Erik ten Hag, buka suara terkait alasan Cristiano Ronaldo dibekukan sementara dari skuad The Red Devils. Bintang asal Portugal itu diberi sanksi sebagai konsekuensinya usai mengulangi kesalahan serupa.

Ronaldo diberi Ten Hag pelajaran usai menolak dimainkan sebagai pemain pengganti saat bersua Tottenham Hotspur, Kamis (20/10/2022). Aksi dari samg pemain itu dikonfirmasi langsung dalam jumpa pers jelang bersua Chelsea, Jumat (21/10/2022).

"Iya dia menolak. Saya seorang manajer, saya bertanggung jawab penuh atas budaya di sini," kata Ten Hag melansir Sky Sports.

1. Ronaldo sudah dua kali bertingkah buruk

Ronaldo Buat Ulah,  Erik Ten Hag: Harus Ada KonsekuensiErik ten Hag sudah geram dengan tingkah Ronaldo. (manutd.com).

Ronaldo bukan hanya menolak untuk dimainkan sebagai pemain pengganti. Dia langsung meninggalkan lapangan ketika rekan-rekannya di MU masih berduel dengan Tottenham.

Ini kali kedua pemain berusia 37 tahun tersebut meninggalkan stadion di tengah pertandingan. Hal serupa dilakukan Ronaldo ketika bersua Rayo Vallecano di laga pramusim, Juli 2022 lalu.

Bagi Ten Hag, sikap Ronaldo sudah tidak bisa dimaafkan. Dia harus ditindak tegas dan diberi pelajaran agar tak bersikap semena-mena di dalam tim.

"Saat melawan Rayo Vallecano, saya pikir itu masih bisa diterima. Tapi, dia tak bisa dibiarkan saat melakukan yang kedua kalinya. Harus ada konsekuensinya. Itulah yang sekarang kami lakukan [membekukan Ronaldo]," ujar Ten Hag.

Baca Juga: Ronaldo Dibekukan dari Skuad MU, Ten Hag Tunjukan Siapa Bosnya

2. Agar tidak menimbulkan racun dalam tim

Ronaldo Buat Ulah,  Erik Ten Hag: Harus Ada KonsekuensiCristiano Ronaldo, Bruno Fernandes, dan Harry Maguire terlihat gusar setelah MU dibantai Brentford 4-0. (premierleague.com)

Sikap Ronaldo memang tidak bisa dibiarkan. Sebab, sikap buruk itu bisa saja menular kepada pemain lain di ruang ganti Manchester United. Apalagi, Ronaldo merupakan contoh bagi kebanyakan pemain muda MU.

"Saya harus menetapkan standar dan saya harus mengendalikannya agar semua bisa disiplin. Dia bukan satu-satunya pemain bagus. Ini untuk menjaga mentalitas tim," ujar Ten Hag.

3. Tanpa Ronaldo, Manchester United tetap solid

Ronaldo Buat Ulah,  Erik Ten Hag: Harus Ada KonsekuensiPemain Manchester United melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Omonia. (uefa.com).

Atas sikap buruknya, Ronaldo dilarang beraktivitas bersama tim utama dalam waktu yang belum ditentukan. Bahkan dia sampai diharuskan berlatih secara pribadi, tidak bersama pemain lain.

Kehilangan Cristiano Ronaldo juga tak begitu berdampak bagi Manchester United. Dalam beberapa laga terakhir, Bruno Fernandes dan kawan-kawan tetap bisa meraih hasil maksimal meski tanpa sang ikon.

Baca Juga: Ronaldo Diskors MU, Kakaknya Pasang Badan

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya