Ronaldo: Thailand dan Vietnam Bukan Ancaman di Piala AFF U-19 2022

Garuda Muda sudah makin berkembang

Jakarta, IDN Times - Timnas U-19 Indonesia tergabung bersama lawan kuat seperti Thailand dan Vietnam di Grup A Piala AFF U-19 2022. Namun, mereka dinilai bukan ancaman serius bagi skuad Garuda.

Hal itu dikatakan langsung penyerang Timnas U-19, Ronaldo Kwateh. Menurut dia,  skuad besutan Shin Tae Yong sudah makin berkembang, walaupun ada beberapa aspek yang masih harus segera dibenahi.

1. Optimisme Ronaldo Kwateh menghadapi Piala AFF U-19

Ronaldo: Thailand dan Vietnam Bukan Ancaman di Piala AFF U-19 2022TC Timnas U-19 di Stadion Madya. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Kwateh optimistis Timnas U-19 bisa bersaing dengan baik di Grup A. Menurutnya, koleganya sudah mengalami perkembangan yang cukup pesat.

Perkembangan itu didapat setelah melakoni Toulon Cup 2022 di Prancis beberapa waktu lalu. Meski tak mencatat rapor bagus, meningkatnya kapasitas tim jadi pencapaian yang jadi modal positif.

Taktik, mental dan fisik Timnas U-19 kini sudah makin teruji. Namun, Garuda Muda masih akan ditempa Shin Tae Yong soal ketiga aspek tersebut guna meraih hasil yang lebih maksimal.

"Secara mental dan fisik kami banyak pelajaran. Taktik juga sangat baik di sana, jadi kami belajar banyak dari mereka," kata Ronaldo Kwateh usai latihan di Stadion Madya, Senayan, Selasa (21/6/2022).

Baca Juga: Shin Tae Yong Ngamuk Lihat Pemain Timnas U-19 Salah Umpan

2. Thailand dan Vietnam bukan ancaman, tapi ...

Ronaldo: Thailand dan Vietnam Bukan Ancaman di Piala AFF U-19 2022Thailand di Piala AFF 2020. (affsuzukicup.com)

Nyali Kwateh tak ciut meski akan berhadapan Thailand dan Vietnam yang notabene sebagai tim kuat. Wonderkid Madura United itu berujar, kedua tim tersebut bisa masih bisa dikalahkan Timnas U-19.

Namun demikian, Kwateh sadar hal itu tidak mudah diraih. Butuh kerja keras dan rasa percaya diri yang tinggi agar Timnas U-19 bisa merajai Grup A.

"Seperti yang kita tahu semua, semua lawan juga bagus, seperti Thailand dan Vietnam. Tetapi kami harus yakin, kami harus bisa lebih baik dari mereka," ujar Kwateh.

3. Demi hasil yang baik, Timnas U-19 harus matangkan persiapan

Ronaldo: Thailand dan Vietnam Bukan Ancaman di Piala AFF U-19 2022Momen latihan Timnas Indonesia U-19, Selasa (21/6/2022). (IDN Times/Tino Satrio)

Jika bermodalkan optimisme, tentu itu tak cukup. Persiapan yang matang harus digencarkan sebelum Piala AFF U-19 bergulir mulai 2 hingga 15 Juli 2022.

Apalagi, Shin masih dibuat kesal saat latihan kemarin. Begitu banyak kesalahan yang dibuat anak asuhnya, seperti salah oper.

"Pastinya saya dan teman-teman melakukan persiapan yang baik. Kami akan memberikan yang terbaik di latihan, termasuk saya agar di AFF kami siap," ujar Kwateh.

Baca Juga: 3 Kekurangan Timnas Indonesia U-19, Shin Tae Yong Harus Cepat Benahi

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya