Seleksi Timnas U-17 Kian Keras, 7 Pemain Sudah Dipulangkan

Demi buat kerangka tim terbaik

Jakarta, IDN Times - Seleksi Timnas Indonesia U-17 di Jakarta semakin ketat. Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menyebut sebanyak tujuh pemain yang sudah tergabung di Jakarta sudah dipulangkan pelatih Bima Sakti Tukiman.

"Saya mendapatkan laporan, tim yang inti sudah ada yang kena degradasi tujuh pemain," kata Erick Thohir saat mengunjungi seleksi di markas Persija Jakarta, Sawangan, Sabtu (22/7/2023).

Dari tujuh pemain itu, empat di antaranya merupakan diaspora. Namun, identitas mereka belum diketahui dan harus dikonfirmasi lebih lanjut.

1. Sudah banyak yang antre buat promosi

Seleksi Timnas U-17 Kian Keras, 7 Pemain Sudah DipulangkanPelatih Timnas U-17, Bima Sakti saat memimpin latihan di Jakarta, Kamis (13/7/2023). (Dok. PSSI).

Setelah menyeleksi ribuan pemain di empat kota, program Talenta Garuda sudah meloloskan 17 orang. Mereka masih menunggu untuk mendapat panggilan promosi.

"Di empat kota pertama, sudah ada 17 pemain yang lolos," kata Erick.

Baca Juga: Selain Barcelona, Timnas U-17 Bakal Lawan Korea Selatan

2. Tujuh pemain sudah ditarik Bima

Seleksi Timnas U-17 Kian Keras, 7 Pemain Sudah DipulangkanSeleksi Timnas U-17 dan Garuda Select. (Dok. PSSI)

Erick juga mengungkapkan, tujuh di antaranya sudah dipanggil Bima untuk bergabung ke tim utama. Pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu berharap program Talenta Garuda ini bisa menelurkan pemain terbaik bangsa.

"Tujuh (pemain) sudah dipanggil Bima. Ini bukan main-main, kami harus mendapatkan tim terbaik," kata mantan Presiden Inter Milan tersebut.

3. Tidak ada pemain titipan

Seleksi Timnas U-17 Kian Keras, 7 Pemain Sudah DipulangkanPelatih Timnas U-17, Bima Sakti. (pssi.org)

Erick lagi-lagi menegaskan tidak ada pemain titipan dalam seleksi untuk bergabung ke Timnas U-17. Mereka dipantau langsung empat legenda sepak bola tanah air, seperti Robi Darwis, Rully Nere, Budi Sudarsono, dan Firman Utina, ditunjuk PSSI untuk membantu Bima.

"Pokoknya yang datang akan kami seleksi. Kami tidak mau juga terkesan ada eksklusivitas. Tidak ada pemain titipan. Ini seleksi yang sungguh-sungguh," ujar Erick.

Baca Juga: Talenta Garuda: Program Mercusuar PSSI Jelang Piala Dunia U-17

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya