Comscore Tracker

Sempat Dikritik, Mentalitas Timnas Indonesia U-20 Sudah Meningkat 

Garuda Muda belum meraih kemenangan di Spanyol

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia U-20 mengalami peningkatan besar dalam pemusatan latihan (TC) di Eropa. Mentalitas mereka sudah meningkat setelah beberapa kali ciut ketika bersua tim Benua Biru.

Bahkan, Shin sempat menyebut Garuda Muda mental tempe karena minder duluan sebelum kick off, saat melihat postur lawan yang lebih besar.

"Sekarang, kepercayaan diri lawan tim Eropa sudah semakin meningkat," kata Shin Tae Yong selepas menghadapi Slovakia U-20, Sabtu (19/11/2022).

1. Ketenangan jadi catatan

Sempat Dikritik, Mentalitas Timnas Indonesia U-20 Sudah Meningkat Aksi Marselino Ferdinan saat membantu Timnas Indonesia U-20 bersua Slovakia U-20, Sabtu (19/11/2022). (dok. PSSI).

Mentalitas yang meningkat itu disorot Shin saat Garuda Muda berusa Slovakia U-20, di Pinatar Arena Football Center, Spanyol, Sabtu (19/11/2022) malam. Sial, Marselino Ferdinan dan kolega kalah 1-2 meski sempat unggul lebih dulu.

Garuda Muda terpeleset karena kurang tenang dalam bertahan. Mereka juga terlalu mudah melakukan pelanggaran, yang menguntungkan bagi lawan.

"Harus lebih tangguh dan konsisten lagi dalam bertahan. Seharusnya tidak terburu-buru ketika mendapat tekananan dari lawan," kata Shin menanggapi kekalahan Timnas U-20.

Baca Juga: Timnas Indonesia U-20 Hadapi Prancis dan Slovakia di Spanyol

2. Pertahanan Timnas U-20 berantakan di babak kedua

Sempat Dikritik, Mentalitas Timnas Indonesia U-20 Sudah Meningkat Aksi Zico Jamai Soree dalam debutnya bersama Timnas Indonesia U-20. (dok. PSSI).

Organisasi pertahanan Garuda Muda memang berantakan di babak kedua. Padahal, mereka sudah unggul lebih dulu berkat gol Rafael William Struick, tepatnya saat duel baru berusia 26 menit.

Fokus mereka buyar. Kesalahan bermula saat Dzaki Asraf melakukan pelanggaran di kotak terlarang menit 79, yang membuat Timotej Jambor menyamakan kedudukan. Tak erselang lama, aksi individu Damian Kachut membuat Slovakia U-20 berbalik unggul.

Garuda Muda yang kurang tenang karena terprovokosasi lawan sampai bermain dengan 10 pemain. Itu karena Justin Hubner diganjar kartu merah usai melanggar Adam Grigger.

Baca Juga: Hubner Diganjar Kartu Merah, Indonesia Kalah Lawan Slovakia

3. Shin tetap berikan apresiasi

Sempat Dikritik, Mentalitas Timnas Indonesia U-20 Sudah Meningkat Aksi Rafael William Struick bersama Timnas Indonesia U-20 saat bersua Slovakia U-20, Sabtu (19/11/2022). (dok. PSSI).

Meski begitu, Shin tetap memberikan apresiasi kepada anak-anak asuhnya. Garuda Muda telah berjuang maksimal meski terpeleset di babak kedua.

"Kalau dilihat hasilnya, kami memang kalah. Tapi para pemain sudah bekerja maksimal," ujar Shin.

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya