Senyum Lebar Van Gaal Usai Belanda Lolos ke Fase Gugur Piala Dunia

Bungkam Qatar 2-0, De Oranje ke babak 16 besar

Jakarta, IDN Times - Pelatih Belanda, Louis van Gaal, tersenyum puas usai anak-anak asuhnya memastikan tempat di babak 16 besar Piala Dunia 2022. Van Gaal merasa Belanda tampil sempurna ketika membungkam Qatar dengan skor 2-0 di Al Bayt Stadium, Selasa (29/11/2022).

Permainan Belanda, menurut Van Gaal, sangat rapi. Skema gol yang tercipta juga terlihat sangat terencana dan matang.

"Kami bermain lebih baik daripada dan mencetak dua gol yang bagus," kata Van Gaal melansir situs resmi OnsOranje.

1. Resep kemenangan Belanda

Senyum Lebar Van Gaal Usai Belanda Lolos ke Fase Gugur Piala DuniaSelebrasi Frenkie de Jong dan Memphis Depay saat membobol gawang Qatar. (Twitter/@FIFAWorldCup).

Van Gaal juga mengungkap resep keberhasilan anak-anak asuhnya untuk membungkam Qatar. Virgil van Dijk dan kolega mendapat sanjungan karena menampilkan permainan lebih baik ketimbang dua laga sebelumnya.

Belanda bisa menguasai bola lebih tenang saat bersua Qatar. Meski begitu, dia tak mengelak, De Oranje belum mencapai performa terbaiknya.

"Kami bisa lebih berhati-hati dalam penguasaan bola dibandingkan dua pertandingan pertama. Tapi, kami bisa melakukannya dengan lebih baik lagi," kata mantan pelatih Manchester United tersebut.

Baca Juga: Profil Frenkie de Jong, Pengatur Serangan Belanda di Piala Dunia 2022

2. Van Gaal sanjung kinerja Cody Gakpo

Senyum Lebar Van Gaal Usai Belanda Lolos ke Fase Gugur Piala DuniaCody Gakpo (fifa.com)

Arsitek 71 tahun itu juga menyanjung kinerja Gakpo yang tajam di lini depan Belanda. Maklum, pemain PSV Eindhoven itu telah membukukan tiga gol dan masuk dalam daftar teratas top scorer Piala Dunia 2022.

Bukan hanya tajam, Gakpo juga dinilai memiliki mental baja. Tampil konsisten di ajang sebesar Piala Dunia tidaklah mudah. Apalagi untuk pemain berusia 23 tahun.

"Bagi beberapa pemain, ada beban tersendiri mengenakan seragam tim nasional Belanda. Tapi ada juga yang tak terpengaruh. Gakpo, misalnya. Dia tidak ada masalah dengan itu, dia on fire," ujar Van Gaal.

3. Belanda jumpa Amerika Serikat

Senyum Lebar Van Gaal Usai Belanda Lolos ke Fase Gugur Piala DuniaTimnas Amerika Serikat (twitter.com/USMNT)

Kemenangan ini memastikan Belanda lolos ke babak 16 besar dengan status juara Grup A. Belanda menjadi juara grup dengan koleksi tujuh poin dari tiga laga.

Dengan begitu, Belanda bakal bersua Amerika Serikat yang lolos ke fase gugur berkat status runner-up Grup B. Duel ini akan tersaji di Khalifa International Stadium, 3 Desember 2022 mendatang.

Baca Juga: Cody Gakpo, Penerus Legenda PSV di Lini Depan Belanda

Topik:

  • Satria Permana
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya