Comscore Tracker

Profil Frenkie de Jong, Pengatur Serangan Belanda di Piala Dunia 2022

De Jong cetak gol perdana di Piala Dunia

Jakarta, IDN Times - Sosok Frenkie de Jong kembali jadi sorotan. Bukan karena masalah klub, De Jong disoroti setelah mencetak gol di Piala Dunia 2022. Itu jadi torehan perdananya di ajang tersebut.

Prestasi itu melengkapi peran vitalnya saat menjadi jenderal lapangan tengah skuad De Oranje di ajang empat tahunan ini selama babak penyisihan.

Sejak bermain melawan Senegal, De Jong selalu bisa memberikan perbedaan di lini tengah Belanda. Distribusi bolanya ke lini depan, membuat serangan-serangan yang diciptakan bisa berbahaya.

1. Cetak gol perdana di Piala Dunia

Profil Frenkie de Jong, Pengatur Serangan Belanda di Piala Dunia 2022Frenkie de Jong cetak gol pertamanya di Piala Dunia dalam laga Belanda vs Qatar (Twitter.com/OnsOranje)

Frenkie de Jong mencetak gol kedua untuk Belanda dalam laga kontra Qatar dalam duel pamungkas babak penyisihan Grupa A Piala Dunia 2022. Pemain Barcelona ini mencetak gol di menit ke-49 saat tim sudah unggul satu gol. 

Gol ini menjadi gol debut Frenkie di ajang Piala Dunia sepanjang kariernya. Hal itu jadi catatan menarik, mengingat sang pemain sebelumnya sempat mengalami masa suram saat akan dibuang Barcelona.

2. Catatan karier Frenkie de Jong

Profil Frenkie de Jong, Pengatur Serangan Belanda di Piala Dunia 2022Frenkie de Jong membela Belanda di Piala Dunia 2022 (Twitter.com/DeJongFrenkie21)

Frenkie de Jong lahir di Arkel, Belanda pada 12 Mei 1997. Dia merupakan pemain jebolan Akademi Ajax Amsterdam.

Namun, karier profesional pertamanya dimulai saat membela Willem II. Dia menjelam jadi gelandang dengan kemampuan komplet, dalam urusan menjaga ritme dan mendistribusikan bola.

Hal itu membuat Frenkie dilirik Jong Ajax pada 2015, sebelum bergabung dengan Ajax Amsterdam. Setahun berselang dia dipromosikan ke tim utama dan bermain di Eredivise hingga musim 2019. 

Konsisten bermain gemilangm, gelandang tengah satu ini kemudian dipinang raksasa LaLiga, Barcelona.

Sementara, kariernya di skuad Belanda sudah berlangsung lama. Dia bergabung dengan skuad U-19 De Oranje sejak 2015 dan terus dipercaya hingga menjadi salah satu kunci pengatur serangan Belanda di Piala Dunia 2022.

3. Sempat jadi rebutan Barcelona dan Manchester United

Profil Frenkie de Jong, Pengatur Serangan Belanda di Piala Dunia 2022Frenkie de Jong (instagram.com/frenkiedejong)

Frenkie de Jong merupakan salah satu bintang muda menjanjikan di dunia sepak bola. Performa apiknya bersama Barcelona membuat raksasa Liga Inggris, Manchester United berminat meminangnya ke Old Trafford.

Saga perebutan De Jong sempat jadi drama panjang. Namun, melansir Goal, kabar terbaru mengatakan De Jong justru menjauhkan diri dari tawaran MU. Dia kekeh bertahan lantaran MU tak bermain di Liga Champions musim ini. 

Baca Juga: Cody Gakpo, Penerus Legenda PSV di Lini Depan Belanda

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya