Shin Tae Yong: Jadwal Padat di Piala AFF U-19 Bahayakan Pemain

Skuad Garuda punya kans lolos ke semifinal Piala AFF U-19

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae Yong sedikit kesal dengan jadwal Piala AFF U-19 2022. Padatnya skedul pertandingan dinilai membuat seluruh pemain tim peserta sangat menderita.

Shin langsung melempar kritik keras soal itu, karena  Timnas U-19 langsung merasakan dampaknya. Skuad Garuda Muda disebutkan sudah mulai keletihan. Sebab, para pemain tak punya waktu ideal untuk istirahat.

1. Jadwal padat bahayakan seluruh pemain

Shin Tae Yong: Jadwal Padat di Piala AFF U-19 Bahayakan PemainShin Tae Yong sedang berdiskusi dengan tim pelatih Timnas U-19 Indonesia di salah satu laga Piala AFF U-19. (IDN Times/Tata Firza)

Seluruh tim di Piala AFF U-19 2022 berlaga setiap dua hari sekali. Hal itu dinilai Shin tak ideal. Dengan cuaca Indonesia yang panas, kondisi fisik para pemain mudah terkuras habis.

Maka itu, pelatih asal Korea Selatan itu berharap pihak penyelenggara AFF segera berbenah. Dia pun memberikan saran soal jeda pertandingan yang bagus. Sehingga, para pemain bisa punya waktu yang pas untuk pemulihan.

"Seperti apa yg dilihat di lapangan, cuacanya sangat panas dan dua hari sekali tanding dan itu sangat bahaya dan buat pemain menderita. Harusnya 3-4 hari sekali, itu masih lumayan (baik)," ujar Shin usai laga melawan Filipina, Jumat (8/7/2022).

Baca Juga: Klasemen Grup A Piala AFF U-19 2022: Timnas U-19 Produktif!

2. Shin sampai rombak susunan pemain Timnas U-19 yang tampil di menit awal

Shin Tae Yong: Jadwal Padat di Piala AFF U-19 Bahayakan PemainFilipina vs Indonesia di Piala AFF U-19 2022, Jumat (8/7/2022). (IDN Times/Tino)

Kendala itu yang membuat Shin putar otak saat bersua Filipina kemarin malam. Arsitek berusia 51 tahun tersebut merombak sebagian besar susunan pemain Timnas U-19 yang jadi starter.

Rotasi dilakukan Shin karena tak mau anak asuhnya bertumbangan karena kelelahan. Beruntung, pemain yang dipercaya di atas lapangan tampil moncer. Filipina dibuat tak berdaya lewat kemenangan telak 5-1.

"Saya antisipasi fisik untuk laga berikutnya, jadi hampir semua starting diganti. Semua pemain yang dapat main untuk hari ini sangat bekerja keras jadi saya ucapkan terima kasih," ujar Shin.

3. Kans Timnas U-19 lolos ke semifinal terbuka lebar usai lumat Filipina

Shin Tae Yong: Jadwal Padat di Piala AFF U-19 Bahayakan PemainAksi para pemain Timnas U-19 saat berhasil mengalahkan Brunei Darussalam di babak penyisihan Piala AFF U-19 2022, Senin (4/6/2022). (IDN Times/Tata Firza)

Sebenarnya keputusan Shin merombak pemain seperti berjudi dengan nasib. Dia melakukan rotasi, saat Indonesia sangat membutuhkan kemenangan. Di sisi lain, itu memang harus dilakukan untuk menjaga kebugaran pemain.

Namun pilihan Shin tampak tepat. Timnas U-19 menang telak, sekaligus memperlebar peluang lolos ke semifinal. Hanya saja, Ronaldo Kwateh dan kawan-kawan masih memiliki satu laga terakhir yang wajib dimenangkan kontra Myanmar, 10 Juli nanti.

Hanya saja, Shin belum mau ambil pusing soal peluang lolos. Sebab, mereka juga bergantung dari hasil bentrokan Vietnam kontra Thailand di hari yang sama. Andai saja mereka saling mengalahkan, dan Indonesia menang di laga terakhir, Timnas U-19 dipastikan lolos.

"Jujur saya tak bisa prediksi (Vietnam versus Thailand). Mungkin kedua tim pastinya bekerja keras dan saya tak bisa prediksi," ujar Shin.

Baca Juga: Skema Timnas U-19 ke Semifinal Piala AFF: Harus Menang!

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya