Skenario Timnas Indonesia Demi Lolos ke Semifinal Piala AFF 2022

Timnas Indonesia paling aman raih kemenangan

Jakarta, IDN Times - Perjalanan Timnas Indonesia di penyisihan grup Piala AFF 2022 berjalan mulus sejauh ini. Pun, Pasukan Garuda selangkah lagi melangkah ke semifinal Piala AFF 2022.

Indonesia cukup perkasa dalam kiprahnya di Grup A. Marc Klok dan kawan-kawan telah mengoleksi tujuh poin dari tiga laga. Mereka tinggal menyisakan satu laga lagi, yakni bersua Filipina, Senin (1/1/2023), di Rizal Memorial Stadium.

Berdasarkan catatan tersebut, ada beberapa skema yang harus ditempuh Timnas Indonesia agar bisa lolos ke semifinal Piala AFF 2022. Apa saja skema itu?

Baca Juga: Rumput Sintetis Jadi Momok Timnas Indonesia saat Lawan Filipina

1. Timnas Indonesia wajib kalahkan Filipina

Skenario Timnas Indonesia Demi Lolos ke Semifinal Piala AFF 2022Pemain Timnas Filipina yang berbahaya. (Instagram/@kenshirodaniels).

Mengintip peta persaingan di Grup A, setidaknya ada tiga tim yang memiliki peluang lolos ke semifinal. Mereka adalah Thailand, Indonesia, dan Kamboja.

Thailand dan Indonesia lebih diuntungkan karena sama-sama mengemas tujuh poin. Sedangkan, Kamboja menempel ketat karena hanya terpaut satu angka.

Nah, demi menghindari kena tikung Kamboja, kemenangan atas Filipina menjadi harga mati bagi Pasukan Garuda. Indonesia dipastikan ke semifinal jika mengoleksi 10 poin.

2. Timnas Indonesia bisa lolos meski diimbangi Filipina

Skenario Timnas Indonesia Demi Lolos ke Semifinal Piala AFF 2022Aksi pemain Timnas Indonesia saat berhadapan dengan Kamboja dalam laga Grup A Piala AFF 2022, Jumat (23/12/2022). (IDN Times/Tata Firza)

Indonesia juga tetap lolos meski bermain imbang dengan Filipina. Tambahan satu poin di Rizal Memorial Stadium sudah cukup mengantarkan Indonesia ke semifinal.

Namun, jika imbang, Indonesia bisa bertemu lawan sulit di semifinal. Sebab, andai Thailand menang atas Kamboja, anak-anak asuh Shin Tae Yong lolos dengan status runner up dan harus bersua juara Grup B. Vietnam menjadi tim yang difavoritkan untuk mengisi tempat tersebut.

3. Bagaimana kalau Indonesia dikalahkan Filipina?

Skenario Timnas Indonesia Demi Lolos ke Semifinal Piala AFF 2022Kenshiro Daniels, striker berbahaya Timnas Filipina. (Instagram/@kenshirodaniels).

Filipina juga memiliki kans untuk menekuk Indonesia. Meski tak punya kesempatan lolos ke semifinal, The Azkals tentu saja mau memberikan yang terbaik di depan publiknya sendiri.

Hanya saja, Indonesia tetap lolos ke semifinal jika keok dari tim asuhan Josep Maria Ferre. Asalkan, Thailand sukses mengalahkan Kamboja atau meraih hasil imbang. Namun, kalau Thailand dan Kamboja imbang, Indonesia tak boleh kalah dengan margin lima gol dari Filipina.

Baca Juga: Timnas Indonesia Butuh Dukungan, Bukan Bullyan

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya