Soal Tuan Rumah Piala Dunia U-17, Dito Tunggu Pertemuan PSSI-FIFA

Erick Thohir sedang bertemu delegasi FIFA

Jakarta, IDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Dito Ariotedjo belum mau bicara soal kans Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U-17. Dito menyebut, masih menunggu segala perkembangan dari Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

Erick sediri bertolak ke Eropa untuk bertemu delegasi FIFA pada Senin, 3 April 2023 malam WIB. Dalam keterangan di Instagram resminya, Erick mengklaim pertemuan itu demi menghindari sanksi berat atas batalnya Indonesia menggelar Piala Dunia U-20 2023 bukan bicara soal Piala Dunia U-17..

"Bismillah, semoga Indonesia dapat keluar dari ancaman sanksi. Saya akan bawa peta 'Garuda Mendunia' kepada FIFA. Semoga ada kabar baik," tulis unggahan Erick.

1. Dito tunggu hasil pertemuan Erick Thohir

Soal Tuan Rumah Piala Dunia U-17, Dito Tunggu Pertemuan PSSI-FIFAKetua Umum PSSI, Erick Thohir bertemu Presiden JFA, Tashima Kohzo, Kamis (16/3/2023). (Dok. PSSI).

Spekulasi Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 itu muncul setelah kabar mengejutkan dari FIFA. Federasi sepak bola dunia itu mencoret Peru yang sebelumnya ditunjuk sebagai Piala Dunia U-17 2023.

Namun, Dito tak mau memikirkan rumor itu lebih jauh. Eks petinggi RANS Nusantara FC itu ingin mendengar hasil pertemuan Erick dengan FIFA terlebih dahulu.

"Itu nanti lebih baik menunggu pertemuan Ketum PSSI (Erick Thohir) dengan FIFA," ujar Dito selepas di Wisma Kemenpora, Selasa (4/4/2023).

Baca Juga: FIFA Coret Peru Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023!

2. Sudah direncanakan?

Soal Tuan Rumah Piala Dunia U-17, Dito Tunggu Pertemuan PSSI-FIFAAnggota TGIPF, Akmal Marhali (IDN Times/Tino Satrio)

Pengamat sepak bola nasional, Akmal Marhali, justru mengaku telah mendapat bocoran. Pemerintah memang berencana menggelar Piala Dunia U-17, karena Israel tak ikut berpartisipasi.

"Saya ada kawan yang mendapatkan bocoran di Istana, kita tukar dengan Peru (Piala Dunia U-17). Usulan ini tidak datang dari FIFA. Ternyata ini strategi dari pemerintah," ujar Akmal dalam acara diskusi 'Mencari Solusi Masa Depan Sepak Bola' di DPP PKB, Senin malam (3/4/2023).

3. Jadi solusi terbaik

Soal Tuan Rumah Piala Dunia U-17, Dito Tunggu Pertemuan PSSI-FIFAPertemuan PSSI dengan Presiden RI, Jokowi di Istana Negara, Senin (20/2/2023). (Dok. PSSI).

Akmal berkata, wacana ini merupakan win-win solution dari pemerintah. Namun, Israel sebenarnya berpotensi tampil di Piala Dunia U-17 lantaran masih bertarung di babak penyisihan.

"Saya sempat bilang, hati-hati, Israel masih main di penyisihan. Namun, orang yang kasih saya bocoran ini bilang, udah kita hitung lah Israel tidak lolos ini. Jadi, jika kita jadi tuan rumah Piala Dunia U-17, ada win-win solution," ujar Akmal.

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya