SUGBK Masih Berpeluang Jadi Venue Piala Dunia U-17 2023

Ada rekayasa yang akan dijalani

Jakarta, IDN Times - Peluang Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) menjadi venue Piala Dunia U-17 2023 Indonesia belum tertutup. Harapan masih ada, meski bentrok dengan konser Coldplay, yang jatuh pada 16 November 2023 mendatang.

Pengelola Pusat Kawasan Gelora Bung Karno (PPKGBK) menyatakan ada rekayasa yang bisa dilakukan oleh PSSI dan LOC Piala Dunia U-17 nantinya, kalau SUGBK tetap dijadikan venue.

Hanya saja, dengan rekayasa itu, kick-off Piala Dunia U-17 tak bisa digelar di SUGBK. Laga baru bisa digelar kalau konser Coldplay sudah selesai. 

"Setelah konser kan bisa. Bisa saja pertandingannya di stadion lain terlebih dahulu, setelah itu main di sini," kata Rakhmadi kepada awak media.

1. Sudah komunikasi dengan PSSI

SUGBK Masih Berpeluang Jadi Venue Piala Dunia U-17 2023Ketua Umum PSSI, Erick Thohir saat memberikan keterangan di SUGBK, Jumat (19/5/2023). (IDN Times/Sandy Firdaus).

Opsi tersebut sudah dikomunikasikan PPKGBK dengan PSSI. Kini, PPKGBK tinggal menunggu jawaban dari Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

"Kami pernah menawarkan itu, sudah sampaikan kepada PSSI dan panitia pelaksana, silakan saja. Tadi mereka masih keliling-keliling, kami tunggu," ujar Rakhmadi.

Baca Juga: PSSI Ajukan Anggaran Rp400 M untuk Piala Dunia U-17 2023

2. PSSI sudah ajukan delapan stadion, SUGBK termasuk?

SUGBK Masih Berpeluang Jadi Venue Piala Dunia U-17 2023Latihan Timnas Indonesia di SUGBK, Kamis (5/1/2023). (IDN Times/Tino)

Erick mengaku telah mengajukan delapan stadion untuk menjadi venue Piala Dunia U-17. Enam di antaranya merupakan stadion yang sempat direncanakan menggelar Piala Dunia U-20.

Dengan begitu, menilik ucapan Erick, SUGBK menjadi salah satu stadion yang ikut diajukan. Kemudian, dua stadion lainnya adalah Jakarta International Stadium. Lalu, Erick menuturkan ada satu stadion "dekat dengan Jakarta".

"Kami sudah memiliki enam lapangan yang sebelumnya sudah lolos kualifikasi, dan kami tambahkan dua lagi. Kami sudah tahu mana yang ditambahkan. Sudah ada dua stadion, salah satunya yaitu JIS, dan yang satunya berlokasi di dekat Jakarta,” ujar Erick di Kemenpora, Jumat (7/7/2023).

Stadion yang "dekat dengan Jakarta" itu kemungkinan besar adalah Stadion Pakansari, Cibinong. Tanda-tandanya sudah jelas terlihat. Sebab, Stadion Pakansari akan direnovasi rumputnya selama beberapa bulan ke depan, membuat Persikabo 1973 harus mengungsi terlebih dulu.

Baca Juga: Renovasi Rumput JIS Buat Piala Dunia U-17 Gak Asal

3. Ada risiko membayangi

SUGBK Masih Berpeluang Jadi Venue Piala Dunia U-17 2023Selebrasi Ryo Matsumura saat membobol gawang PSM, Senin (3/7/2023). (Dok. Persija).

Dengan memaksakan SUGBK, risiko muncul. Sebab, kualitas rumput SUGBK pasca konser Coldplay belum tentu juga bisa dijaga.

Rumput SUGBK sempat terlihat kurang segar saat Persija Jakarta menjamu PSM Makassar, 3 Juli 2023 lalu. Itu karena SUGBK sempat dipakai untuk menggelar acara Puncak Bulan Bung Karno sepekan sebelumnya.

Apalagi, kalau jika menggunakan SUGBK setelah konser Coldplay. Proses pemulihan rumput pastinya memakan waktu. Meski menggunakan grasscover, belum tentu juga rumputnya prima.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya