Tak Hanya Prestasi, KONI Siap Dongkrak Industri Olahraga Nasional

KONI Pusat gandeng Kemenkop UKM RI

Jakarta, IDN Times - Bukan hanya prestasi, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat berambisi mendongkrak industri olahraga nasional. KONI Pusat menggandeng Kementerian Koperasi dan UMKM RI (Kemenkop UKM) untuk memuluskan ambisi mereka.

Hal itu berjuan untuk mendukung peuh pelaku industri olahraga Tanah Air menjadi lebih baik. Maka dari itu, KONI Pusat mengimbau seluruh KONI Provinsi dan cabang olahraga menggunakan produk dalam negeri.

"Saya kira ini momentum yang baik, kerja sama KONI Pusat dan seluruh provinsi serta induk cabang olahraga bersama Kementerian Koperasi dan UMKM untuk membangun industri olahraga nasional yang kuat," kata Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman di sela-sela Rakernas Koni Pusat 2022.

1. Bertujuan perkuat ekonomi rakyat

Tak Hanya Prestasi, KONI Siap Dongkrak Industri Olahraga Nasionalilustrasi ekonomi (IDN Times)

Ya, KONI Pusat sudah menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan Kemenkop UKM. MoU itu ditandatangani oleh Marciano dan Sekretaris Kemenkop UKM, Arif Rahman Hakim, Selasa (13/9/20222).

Arif berujar, kolaborasi ini bisa memperkuat ekonomi rakyat. Lapangan kerja akan tercipta dan daya beli rakyat bisa diperkuat untuk membangun kekuatan ekonomi domestik.

"Kerja sama dengan KONI, Insya Allah akan memperkuat ekonomi rakyat. Pemerintah sudah menetap 40 persen belanja pemerintah harus membeli produk dalam negeri. Itu bisa menciptakan lapangan kerja dua juta orang tanpa ada investasi banyak. Untuk menciptakan lapangan kerja, memperkuat daya beli rakyat, kekuatan ekonomi domestik akan menjadi sangat penting," ujar Arif.

Baca Juga: Tok! KONI Tunjuk NTB-NTT Jadi Tuan Rumah PON XXII 2028

2. KONI Pusat siap kembangkan 1.200 UMKM di bidang olahraga

Tak Hanya Prestasi, KONI Siap Dongkrak Industri Olahraga NasionalGubernur NTB Zulkieflimansyah, Ketum KONI Pusat Marciano Norman Kamaru, dan Wakil Gubernur NTT, Josef Nae Soi usai Musyawarah Olahraga Nasional Luar Biasa KONI 2022 di Hotel Sulta, Jakarta pada Selasa (13/9/2022). (IDN Times/Margith Juita Damanik)

KONI Pusat sendiri telah memiliki 1.200 UMKM binaan di bidang olahraga yang tersebar di Tanah Air. Dengan kolaborasi ini, KONI Pusat berharap bisa meningkatkan kualitas produknya.

"Keluarga besar KONI dan Kementerian Koperasi dan UMKM akan membawa sesuatu yang berarti untuk produk dalam negeri. Oleh karenanya saya mohon dukungan Kementerian Koperasi dan UMKM agar kita diberi ruang untuk kita bisa mendukung pegiat-pegiat industri olahraga di Indonesia," kata Marciano.

Baca Juga: Tangis Bapak Pencak Silat Dunia Pecah usai Dapat Penghargaan dari KONI

3. KONI juga sudah tunjuk tuan rumah PON XXII 2028

Tak Hanya Prestasi, KONI Siap Dongkrak Industri Olahraga NasionalPeraih medali emas Dhinda Salsabila dari Papua, tersenyum manis dengan medali emas .Dhinda meraih emas di nomor 200 M ITT cabang olahraga Sepatu Roda PON XX Papua, Selasa (28/9). (Foto : PB PON XX Papua/ Sunyoto).

Dalam rakernas tersebut, KONI Pusat telah menunjuk tuan rumah PON XXII 2028 mendatang. Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT) bakal jadi venue ajang empat tahunan tersebut.

Nantinya, PON XXII 2028 bakal sedikit berbeda. PON XXII berkonsep sport tourism yang terbilang cocok dengan keindahan alam di NTB dan NTT, sekaligus meningkatkan popularitas wisata di sana.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya