Thailand Soroti Teror 4 Pemain Timnas Indonesia

Waspadai kecepatan dan daya juang Pasukan Garuda

Jakarta, IDN Times - Pelatih Thailand, Alexandre Polking, ternyata sudah paham betul dengan kekuatan Indonesia. Pasukan Garuda, dinilai Polking, terbilang memiliki kualitas yang cukup merata di segala lini.

Setidaknya, menurut Polking, beberapa pemain harus diwaspadai karena bisa menjadi pembeda dalam duel nanti. Kualitas dan karakter mereka, bagi Mano (sapaannya), akan merepotkan Thailand.

1. Mereka yang bisa jadi pembeda Indonesia

Thailand Soroti Teror 4 Pemain Timnas IndonesiaSelebrasi para pemain Indonesia sambut gol Egy Maulana Vikri ke gawang Kamboja (IDN Times / Tata Firza)

Polking menilai, setidaknya ada empat pemain Indonesia yang patut diwaspadai. Mereka adalah Jordi Amat, Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman, hingga Egy Maulana Vikri.

Sebagai bek, Jordi dinilai memiliki kualitas umpan dan visi bagus dalam membangun serangan dari belakang. Umpannya bisa menjadi ancaman jika berhasil diterima Egy dan Witan, yang kerap mengeksploitasi sektor sayap pertahanan lawan.

"Sekarang, ada Jordi yang bisa mendistribusikan bola dari belakang. Witan bagus sebagai winger, Egy juga. Lalu, ada Marselino selaku pemain muda yang terbaik," kata Polking dalam jumpa pers di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Rabu (28/12/2022).

Baca Juga: Shin Tae Yong: Timnas Indonesia Sekarang Bisa Bekuk Thailand

2. Kecepatan dan militansi Indonesia jadi sorotan pula

Thailand Soroti Teror 4 Pemain Timnas IndonesiaAksi pemain Timnas Indonesia saat berhadapan dengan Kamboja dalam laga Grup A Piala AFF 2022, Jumat (23/12/2022). (IDN Times/Tata Firza)

Pelatih kelahiran Brasil itu juga menilai Indonesia memiliki ancaman lewat kecepatan para pemain mudanya. Aspek itu semakin berbahaya karena dilengkapi dengan militansi di atas lapangan.

Manuver dari para bek sayap, seperti Pratama Arhan dan Asnawi Mangkualam, juga bisa saja mengancam Thailand. Semua pola ini, menurut Polking, muncul dan semakin matang di bawah arahan Shin Tae Yong.

"Indonesia punya banyak pemain muda. Mereka memiliki kecepatan dan semangat juang yang bagus. Indonesia adalah tim yang sangat terorganisir dengan pelatih berkualitas pula," ujar Polking.

3. Thailand tak gentar

Thailand Soroti Teror 4 Pemain Timnas Indonesiaselebrasi timnas Thailand (instagram.com/@changsuek)

Hanya saja, Thailand juga datang dengan segudang ancaman. Tim Gajah Perang, diakui Polking, sudah siap tempur. Persiapan sudah digencarkan semaksimal mungkin, untuk meredam Pasukan Garuda.

"Kami sudah bersiap menghadapi itu. Kami punya kualitas. Saya harap, laga nanti akan berjalan seru," kata Polking.

Baca Juga: Pujian Selangit Pelatih Thailand ke Shin Tae Yong

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya