Thomas Doll Tergoda Antar Persija Juara Piala Indonesia 2022

Piala Indonesia lebih bergengsi ketimbang Piala Presiden

Jakarta, IDN Times - Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll, ternyata lebih tertarik untuk bisa merebut gelar juara Piala Indonesia ketimbang Piala Presiden. Bagi Doll, Piala Indonesia punya gengsi yang lebih tinggi.

Doll memang hanya menjadikan Piala Presiden sebagai ajang pematangan tim. Dia sama sekali tak membebankan para pemainnya buat jadi juara di Piala Presiden, melainkan cuma mau melihat perkembangan jelang musim kompetisi 2022/23 digelar.

Itu terbukti dari bagaimana Doll menurunkan tim di Piala Presiden, yang cuma lapis kedua. Namun, beda cerita dengan Piala Indonesia. Meski menjadi ajang pendamping Liga 1, Doll merasa Piala Indonesia sifatnya seperti DFB Pokal atau Piala FA.

"Ya, Piala Indonesia penting bagi kami," kata Doll seusai memimpin latihan Persija.

1. Harus serius di kompetisi sebenarnya

Thomas Doll Tergoda Antar Persija Juara Piala Indonesia 2022Pelatih Persija, Thomas Doll, memimpin latihan tim di Nirwana Park, Bojongsari (dok. Persija)

Piala Indonesia memang bukan ajang sembarangan. Sebab, juaranya bisa mendapatkan tiket buat berlaga di kompetisi Asia. Makanya, tak salah kalau Doll lebih fokus menargetkan juara Piala Indonesia.

Rencananya, Piala Indonesia beriringan dengan Liga 1. Kick-off kemungkinan dimulai pada Agustus 2022 dan berakhir pada Maret 2023.

"Jika kami berkesempatan memenangkan sesuatu, saya pikir ini bukan waktunya untuk menghadapi lawan dengan skuad yang seadanya. Kami tidak hanya berpikir menjuarai kompetisi, andai punya berpeluang untuk menjuarai turnamen lain harus dikejar," ujar Doll.

Baca Juga: 3 Bintang Persija Sebut Thomas Doll Mirip Luis Milla

2. Pemain muda bisa dapat jam terbang

Thomas Doll Tergoda Antar Persija Juara Piala Indonesia 2022Madura United vs Persija, Selasa (28/6/2022), (dok. Persija)

Doll tak menutup peluang di musim depan akan ada pemain muda yang bakal diorbitkannya. Tak cuma di Liga 1, mungkin saja Doll memberikan panggung kepada amunisi muda buat bermain sepanjang Piala Indonesia. Syaratnya tentu harus membuktikan kualitas di lapangan.

"Setiap pemain muda bisa terlibat. Ketika mereka cukup bagus, pastinya bisa main sebagai starter. Kami akan melihat situasi para pemain muda nantinya," ujar Doll.

3. Fokus matangkan Persija

Thomas Doll Tergoda Antar Persija Juara Piala Indonesia 2022Latihan Persija, Kamis (7/7/2022). (IDN Times/Tino)

Hanya saja, fokus eks pelatih Borussia Dortmund itu saat ini hanya untuk mematangkan persiapan Persija. Sebab, Liga 1 tinggal menghitung hari untuk bergulir.

Apalagi Macan Kemayoran langsung bertemu lawan berat di partai pembuka. Bali United, selaku juara bertahan, menjadi ujian perdana mereka, 23 Juli 2022 nanti.

"Saya berharap pada pertandingan pertama nanti, kami sudah dekat dengan 100 persen, ini akan menjadi lebih penting. Tapi, saya senang dengan kondisi saat ini, bagaimana mereka berlatih. Motivasi mereka luar biasa setiap hari," kata Doll.

Baca Juga: Kick-off Liga 1 Kemalaman, Persija Tak Masalah

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya