Timnas Indonesia Tebar Optimisme di Piala AFF: Harus Juara!

Tetap pasang target tinggi meski banyak kendala

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, memasang target tinggi di Piala AFF 2022. Shin mau mempersembahkan trofi untuk masyarakat Indonesia meski dihantui sejumlah kendala.

Shin memang sempat melayangkan kekhawatirannya setelah Liga 1 dihentikan sementara usai pecahnya Tragedi Kanjuruhan 1 Oktober 2022 lalu. Imbas dari terhentinya kompetisi, para pemain harus beradaptasi kembali dengan suasana yang kompetitif.

Tentu, kondisi ini tak menguntungkan. Apalagi, pada Jumat (23/12/2022), Pasukan Garuda akan berlaga melawan Kamboja dalam partai pertama Piala AFF di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK).

Namun, Shin tak ragu menyebut target Indonesia tahun ini adalah juara, setelah sempat gagal lagi di edisi 2020 lalu.

"Target sekarang? Harus juara!" kata Shin Tae Yong di sela-sela latihan Indonesia, Selasa (20/12/2022).

1. Sudah kerja keras dalam TC

Timnas Indonesia Tebar Optimisme di Piala AFF: Harus Juara!Ketum PSSI, Mochamad Iriawan dan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong di Stadion GBK, Selasa (20/12/2022). (IDN Times/Tino).

Shin bukan sembarang bicara. Jordi Amat dan kawan-kawan telah memiliki modal kuat, usai melakoni pemusatan latihan (TC) selama empat pekan sejak November 2022 lalu. Ditegaskan Shin, Indonesia sudah siap tempur karena persiapan telah berada di level 100 persen. 

"Kami sudah siap 100 persen. Hasil selama TC di Bali memuaskan. Jadi, untuk ke depannya, kami akan menjalani pertandingan dengan lancar," ujar Shin.

Baca Juga: Shin Tae Yong: Timnas Indonesia Sempat Disepelekan Klub Sandy dan Elkan

2. Tak gentar hadapi Thailand

Timnas Indonesia Tebar Optimisme di Piala AFF: Harus Juara!Timnas Thailand di ajang Piala Asia 2019. the-afc.com

Peta persaingan di Grup A sebenarnya terbilang cukup ketat. Pasukan Garuda dikepung oleh Thailand, Kamboja, Filipina, dan Brunei Darussalam.

Diprediksi, akan ada kejutan yang muncul di Piala AFF 2022. Itu sudah terjadi ketika Kamboja menjungkalkan Filipina di laga pertama.

Kemudian, Thailand masih menjadi momok yang paling menakutkan. Mereka baru menang telak atas Brunei dengan skor 5-0. Fakta lainnya, Thailand sempat kasih pil pahit ke Indonesia ketika jumpa di final edisi 2020 silam.

"Saya sama sekali tidak pernah memikirkan Thailand lebih kuat atau sebaliknya, karena sangat fokus dengan kekuatan tim sendiri," kata Shin.

Baca Juga: Daftar Harga Tiket Laga Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

3. Indonesia tebar ancaman

Timnas Indonesia Tebar Optimisme di Piala AFF: Harus Juara!Striker Timnas Indonesia, Ilija Spasojevic setelah melakoni sesi latihan bersama Timnas Indonesia di Stadion GBK, Selasa (20/12/2022). (IDN Times/Tino).

Striker Indonesia, Ilija Spasojevic, juga menunjukkan optimisme yang serupa. Bagi Spaso, Indonesia sudah padu dan siap menghajar seluruh lawan yang bakal dihadapi di Piala AFF 2022.

Khususnya di lini depan, Spaso berjanji untuk memberikan segalanya demi membantu Indonesia mendulang banyak gol. Dia ingin mempersembahkan trofi untuk masyarakat Indonesia.

"Kami semakin harmonis, sudah main beberapa pertandingan internal, banyak gol, dan aksi-aksi cantik. Saya optimistis, kami memiliki banyak pemain hebat di setiap lini. Yang penting harus kerja keras untuk memberi masyarakat Indonesia gelar juara," ujar Spaso.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya