Timnas U-17 Direncanakan Uji Coba Lawan Tim Rusia

Digelar secara tertutup demi matangkan taktik Garuda Muda

Jakata, IDN Times - Timnas Indonesia U-17 terus menggenjot persiapan jelang mentas di Piala Dunia U-17 2023. Garuda Muda kembali menggelar laga uji coba, yakni melawan tim Rusia.

Rencananya, Indonesia akan mencicipi kekuatan Torpedo U-17 pada 29 Oktober 2023 mendatang. Namun, laga ini tampaknya tak bisa dihadiri penonton karena digelar secara tertutup.

"Rencananya ada uji coba tertutup dengan Torpedo dari Rusia," kata Ketua Umum PSSI, Erick Thohir ketika ditemui di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (26/10/2023).

1. Rusia sudah dapat kelonggaran dari FIFA

Timnas U-17 Direncanakan Uji Coba Lawan Tim RusiaPeresmian Asiana Cup 2023, di SUGBK Kamis (26/10/2023). (IDN Times/Tino)

Erick tetap menghormati Rusia yang tengah mendapat hukuman dari FIFA imbas konflik politik dengan Ukraina. Pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu menyebut, Indonesia terbuka melakoni uji coba dengan negara manapun.

Pun, Rusia telah mendapat keringanan dari FIFA. Federasi sepak bola Rusia diperbolehkan mengirim tim U-17 putra dan putri di turnamen internasional, dengan syarat tak mengibarkan bendera nasional dan menyanyikan lagu kebangsaan.

"Indonesia negara terbuka, ya, kita mau main dengan siapapun boleh. Tapi, karena situasi geo politik, kita tentu harus berhati-jati juga. Namun, yang namanya sepak bola, kita harus bisa terus berpartisipasi dan saling menghormati," kata Erick.

Baca Juga: Erick Thohir Temui Timnas U-17, Beri Motivasi Jelang Piala Dunia U-17

2. Timnas U-17 masih banyak evaluasi

Timnas U-17 Direncanakan Uji Coba Lawan Tim RusiaTimnas U-17 lawan Koln. (Dok. PSSI)

Diakui Erick, Timnas U-17 memang perlu melakoni uji coba tambahan meski sudah menjalani pemusatan latiha (TC) di Jerman hampir enam pekan. Sebab, masih banyak evaluasi yang perlu dibenahi.

Komunikasi di atas lapangan menjadi salah satu kelemahan Iqbal Gwijangge dan kawan-kawan. Lini serang Garuda Muda juga masih perlu dipertajam agar lebih garang ketika mentas di Piala Dunia U-17.

"Komunikasi di lapangan perlu ditingkatkan. Mereka harus banyak bicara di lapangan, saling mendukung. Kemudian, sepak bola itu membuat gol. Percuma menyerang 10 kali tapi enggak gol-gol," ujar Erick.

3. Timnas U-17 sudah jalani tujuh uji coba

Timnas U-17 Direncanakan Uji Coba Lawan Tim RusiaTimnas U-17 lawan Mainz di Jerman. (pssi.org)

Selama TC di Jerman sejak 18 September 2023 lalu, tim asuhan Bima Sakti telah melakoni tujuh laga uji coba. Hasilnya, dua kali menang, sekali imbang dan sisanya kalah.

"Ada tujuh uji coba. Progresnya di awal kita mengalami penurunan karena mungkin cuaca, lamanya TC yang lima minggu, agak sedikit drastis memang kondisi pemain. Tapi dari segi permainan, mereka menunjukkan progres, dan Alhamdulillah semuanya berjalan lancar," kata Bima Sakti.

Baca Juga: Timnas U-17 Diminta Jaga Kondisi Jelang Piala Dunia

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya