Wiljan Pluim Didepak PSM, Klok: Saya Sedih

Klok sebut PSM tak hargai legendanya

Jakarta, IDN Times - Bintang Persib Bandung, Marc Klok, begitu prihatin dengan nasib Wiljan Pluim yang secara mendadak dipecat PSM Makassar. Klok menganggap bahwa mantan rekannya di PSM itu seperti tak dihargai Juku Eja.

Habis manis sepah dibuang. Peribahasa ini menggambarkan situasi Pluim yang didepak PSM setelah mengabdi selama tujuh tahun lebih. Klok merasa, Pluim yang sudah berstatus di PSM tak layak diperlakukan seperti itu.

"Sedih, akan tetapi saya juga sedih dengan situasi klub, Mengapa klub bikin dia seperti ini. Dia legenda di sana, saya pikir pada akhirnya bisa menjadi indah," kata Klok saat ditemui usai latihan bersama Timnas Indonesia, Senin (9/10/2023).

1. PSM harusnya ngaca

Wiljan Pluim Didepak PSM, Klok: Saya SedihMarc Klok sesalkan keputusan PSM yang pecat Wiljan Pluim. (IDN Times/Tino).

PSM secara resmi mengumumkan perpisahan dengan gelandang Belanda itu pada Senin (9/10/2023). Pluim dipecat lantaran dianggap telah uzur dan kehilangan tenaga oleh CEO PSM, Aksa Mahmud.

Namun, Klok punya pandangan lain. Bintang Timnas Indonesia itu meminta klub yang pernah dibelanya tersebut untuk berkaca terkait profesionalitasnya. Sebab, manajemen sempat menunggak gaji sampai membuat pelatih PSM, Bernardo Tavares, melelang barang pribadinya membantu keuangan klub.

"Klub jangan menilai penampilan pemain, juara atau tidak, tapi berkacara dulu. Apakah pekerjaan klub sudah benar? Sudah profesional? Saya rasa mereka seharusnya bisa berkaca dan ini momen bagus untuk melakukan evaluasi ulang!" kata Klok.

Baca Juga: Berpisah dengan Wiljan Pluim, PSM Makassar Pensiunkan Nomor 80

2. Klok sempat ajak Pluim ke Persib

Wiljan Pluim Didepak PSM, Klok: Saya SedihWiljan Pluim,Pemain PSM Makassar. IDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Mendengar kabar pemecatan tersebut, Klok langsung mengajak gelandang 34 tahun itu untuk menyusulnya ke Persib. Hanya saja, Pluim menolak tawaran tersebut karena sudah menadapat klub baru.

"Saya bilang ke dia, ayo ke Persib, tapi dia sudah punya klub (baru), nanti akan diumumkan, kamu tunggu saja, sabar," kata Klok.

3. PSM siapkan seremoni

Wiljan Pluim Didepak PSM, Klok: Saya SedihPSM Makassar saat mengalahkan Persikabo, Jumat (14/7/2023). (Twitter/@PSM_Makassar).

PSM memang tidak melupakan jasa Pluim yang telah menyumbangkan dua gelar, yakni trofi Piala Indonesia (2018/19) dan Liga 1 (2022/23). Klub akan memberikan perpisahan yang layak untuk Pluim.

"Farewell ceremony untuk Wiljan Pluim tetap diagendakan digelar. Rencananya adalah di salah satu pertandingan Liga 1," ujar Media Officer PSM, Sulaiman Abdul Karim yang diterima IDN Times pada Senin siang (9/10/2023).

Baca Juga: Berpisah dengan Wiljan Pluim, PSM Makassar Pensiunkan Nomor 80

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya