Tak Disangka, 6 Bintang Aktif Ini Pernah Main dengan AS Saint-Etienne

Para bintang ini sekarang berada di liga top Eropa

AS Saint-Etienne adalah salah satu klub yang diperhitungkan di Prancis. Namun, pada 2021/2022, tim berjuluk Sainte Les Verts ini harus terdegradasi dari Ligue 1 ke Ligue 2.

Meski sudah tidak bermain di kasta tertinggi Prancis, AS Saint-Etienne ternyata pernah diperkuat beberapa bintang yang sekarang masih aktif di beberapa liga. Siapa saja para pemain tersebut?

Simak daftar pemain bintang aktif yang pernah main dengan AS Saint-Etienne!

1. Kurt Zouma

https://www.youtube.com/embed/peRexl5kvho

Kurt Zouma adalah bek tengah yang pernah menimba ilmu di akademi AS Saint-Etienne. Pemain kelahiran Lyon ini mampu tampil impresif sehingga dipromosikan ke tim utama pada 2011.

Pesepak bola asal Prancis ini beberapa kali menjadi starter bersama AS Saint-Etienne di berbagai ajang. Zouma juga ikut mempersembahkan gelar Coupe de la Ligue 2013 bagi Sainte Les Verts.

Kurt Zouma sudah tampil dalam 74 pertandingan dengan membuat 4 gol dan 2 assist. Namun, pada transfer musim dingin 2014, dirinya hengkang dari AS Saint-Etienne karena setuju bergabung dengan Chelsea.

2. Dimitri Payet

Tak Disangka, 6 Bintang Aktif Ini Pernah Main dengan AS Saint-EtienneDimitri Payet (uefa.com)

Dimitri Payet merupakan gelandang serang yang pernah memperkuat AS Saint-Etienne. Dirinya didatangkan dari FC Nantes pada transfer musim panas 2007. Pemain kelahiran Saint-Pierre ini diproyeksikan untuk menambah daya tajam tim.

Payet mampu mendapat kepercayaan pelatih sehingga diberikan kesempatan untuk tampil reguler bersama AS Saint-Etienne. Dia bertahan selama 4 musim dengan Sainte Les Verts.

Gelandang serang asal Prancis ini sudah tampil dalam 148 laga dengan membuat 25 gol dan 32 assist untuk AS Saint-Etienne. Pada transfer musim panas 2011, Dimitri Payet memilih pindah ke LOSC Lille.

3. Pierre-Emerick Aubameyang

Tak Disangka, 6 Bintang Aktif Ini Pernah Main dengan AS Saint-EtiennePierre-Emerick Aubameyang (uefa.com)

Pierre-Emerick Aubameyang pernah mencicipi Liga Prancis bersama AS Saint-Etienne pada 2011. Saat itu, ia hadir sebagai pemain pinjaman dari AC Milan dan baru dipermanenkan pada transfer musim dingin 2012.

Penyerang asal Gabon ini langsung diplot sebagai ujung tombak AS Saint-Etienne. Ternyata, Aubameyang mampu menunjukkan kemampuan terbaiknya dan membawa Sainte Les Verts menjadi juara Coupe de la Ligue 2013.

Aubameyang sudah tampil sebanyak 97 pertandingan dengan membuat 41 gol dan 25 assist untuk AS Saint-Etienne. Hal tersebut membuatnya masuk pantauan beberapa tim besar Eropa. Pada 2013, dirinya memutuskan untuk bergabung dengan Borussia Dortmund.

Baca Juga: 5 Stadion Kapasitas Terkecil yang Jadi Rumah Tim Ligue 1 2022/2023

4. Allan Saint-Maximin

Tak Disangka, 6 Bintang Aktif Ini Pernah Main dengan AS Saint-EtienneAllan Saint-Maximin (uefa.com)

Allan Saint-Maximin adalah penyerang sayap yang sempat bermain untuk akademi AS Saint-Etienne. Pemain asal Prancis ini mampu menunjukkan performa yang impresif sehingga mendapat promosi ke tim utama pada 2013.

Meski sudah dipromosikan, Saint-Maximin ternyata jarang mendapat menit bermain. Dirinya lebih sering menghabiskan waktu di bangku cadangan. Ia hanya tampil dalam 17 pertandingan dengan membuat 2 assist selama memperkuat Sainte Les Verts.

Allan Saint-Maximin bertahan beberapa musim saja bersama AS Saint-Etienne. Dirinya membutuhkan menit bermain sehingga menerima penawaran dari AS Monaco pada transfer musim panas 2015.

5. Wesley Fofana

Tak Disangka, 6 Bintang Aktif Ini Pernah Main dengan AS Saint-EtienneWesley Fofana (asse.fr)

Wesley Fofana merupakan bek tengah jebolan akademi milik AS Saint-Etienne. Pesepak bola asal Prancis ini bahkan mampu dipromosikan ke tim utama pada 2019. Dirinya menjadi pemain dengan karier yang menjanjikan bersama Sainte Les Verts.

Fofana beberapa kali berhasil mendapat kesempatan untuk bermain di berbagai kompetisi bersama AS Saint-Etienne. Dirinya sudah tampil dalam 30 pertandingan dengan menyumbang 2 gol. Namun, ia bertahan singkat saja karena bergabung dengan Leicester City pada 2020.

6. William Saliba

Tak Disangka, 6 Bintang Aktif Ini Pernah Main dengan AS Saint-EtienneWilliam Saliba (asse.fr)

William Saliba adalah bek tengah yang menimba ilmu bersama akademi milik AS Saint-Etienne. Dirinya bisa menampilkan permainan yang menjanjikan sehingga mendapat kesempatan promosi ke tim utama pada 2018.

Meski usianya masih muda, William Saliba sering tampil selama 90 menit bersama AS Saint-Etienne di berbagai ajang. Dirinya mampu menjadi tembok kokoh pertahanan Sainte Les Verts. 

Penampilan impresifnya bersama AS Saint-Etinenne ternyata mendapat pantauan dari Arsenal. Pada 2019, tim asal London Utara tersebut resmi mendapatkan tanda tangan William Saliba yang diikat kontrak hingga 2024.

Keenam bintang aktif di atas pernah berkarier bersama AS Saint-Etienne. Sebagian dari mereka mengawali karier sebagai pemain akademi Sainte Les Verts. Mereka juga berhasil menghadirkan gelar untuk tim asal Prancis tersebut.

Baca Juga: 6 Pemain Ligue 1 2022/2023 yang Pernah Memenangi Liga Champions

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya