9 Pemain Aktif yang Pernah Berseragam Dinamo Zagreb, Ada Luka Modric

Masih bermain di liga top Eropa pada 2022/2023

Dinamo Zagreb merupakan tim paling sukses di Kroasia. Klub berjuluk Modri tersebut telah meraih berbagai gelar domestik. Mereka juga sering berpartisipasi di kompetisi Eropa.

Selain mentereng dari segi prestasi, Dinamo Zagreb kerap diperkuat pemain berkualitas. Mereka cukup mampu mengorbitkan bakat luar biasa.

Pada 2022/2023, ada beberapa jebolan Modri yang menghiasi liga top Eropa. Siapa saja para mantan pemain yang dimaksud? Berikut pemain aktif yang pernah berseragam Dinamo Zagreb!

1. Dejan Lovren

9 Pemain Aktif yang Pernah Berseragam Dinamo Zagreb, Ada Luka ModricDejan Lovren (twitter.com/gnkdinamo)

Dejan Lovren adalah bek tengah yang baru pindah pada musim dingin 2023 ke Olympique Lyon. Pemain 33 tahun ini ternyata merupakan jebolan akademi Dinamo Zagreb. Dia menunjukkan peningkatan permainan sehingga dipromosikan ke tim utama pada 2006.

Tak langsung mulus, Lovren harus dipinjamkan ke Inter Zapresic untuk menambah pengalaman. Dia mampu menunjukkan penampilan impresif selama masa peminjaman sehingga bisa menembus skuad utama saat kembali memperkuat Dinamo Zagreb.

Bek kelahiran Zenica ini mampu menghadirkan beberapa gelar domestik untuk Dinamo Zagreb. Lovren tampil dalam 55 pertandingan dengan membuat 3 gol dan 1 assist. Dia lantas hengkang pada 2010 setelah menerima tawaran Olympique Lyon.

2. Mateo Kovacic

9 Pemain Aktif yang Pernah Berseragam Dinamo Zagreb, Ada Luka ModricMateo Kovacic (twitter.com/gnkdinamo)

Mateo Kovacic merupakan gelandang tengah yang bermain untuk Chelsea pada 2022/2023. Pemain 28 tahun ini pernah menimba ilmu di akademi Dinamo Zagreb. Dia tampil di berbagai tingkatan umur dan mendapat promosi ke skuad utama pada 2010.

Kovacic mampu menembus skuad utama dan diplot sebagai jenderal lini tengah Dinamo Zagreb. Dia juga ikut berkontribusi mempersembahkan berbagai gelar domestik untuk Modri.

Gelandang kelahiran Linz ini bermain untuk Dinamo Zagreb dalam 63 pertandingan dengan membuat 7 gol dan 11 assist. Performa impresifnya menarik minat beberapa tim. Dia lantas memilih bergabung dengan Inter Milan pada musim dingin 2013.

3. Luka Modric

9 Pemain Aktif yang Pernah Berseragam Dinamo Zagreb, Ada Luka ModricLuka Modric (twitter.com/gnkdinamo)

Luka Modric adalah salah satu gelandang tengah terbaik yang saat ini membela Real Madrid. Pemain kelahiran Zadar tersebut pernah mengenyam pendidikan di akademi Dinamo Zagreb. Dia membela tim asal Kroasia tersebut pada usia muda.

Modric berhasil dipromosikan ke skuad utama Dinamo Zagreb. Namun, dia harus menjalani masa peminjaman ke beberapa tim lain untuk menambah menit bermain. Dirinya mampu mengimprovisasi permainan dan menjadi pilihan utama setelah masa peminjamannya usai.

Gelandang veteran tersebut pernah mengantar Dinamo Zagreb meraih berbagai piala domestik. Modric tampil dalam 73 pertandingan dengan membuat 22 gol dan 21 assist. Dia kemudian memilih hengkang ke Tottenham Hotspur pada musim panas 2008.

4. Andrej Kramaric

9 Pemain Aktif yang Pernah Berseragam Dinamo Zagreb, Ada Luka ModricAndrej Kramaric (twitter.com/gnkdinamo)

Andrej Kramaric adalah penyerang yang saat ini memperkuat TSG Hoffenheim. Pemain 31 tahun tersebut merupakan jebolan akademi Dinamo Zagreb. Dia pernah bermain untuk berbagai jenjang umur dan dipromosikan ke skuad utama pada 2009.

Kramaric mampu beberapa kali mendapat kepercayaan pelatih untuk menjadi ujung tombak Dinamo Zagreb. Namun, dia tersisih dari skuad utama sehingga lebih sering dipinjamkan ke NK Lokomotiva. Untungnya, dirinya sempat mengantar Modri meraih beberapa gelar domestik.

Penyerang asal Kroasia ini tampil dalam 52 pertandingan dengan membuat 11 gol dan 5 assist bersama Dinamo Zagreb. Dia kemudian dilepas secara permanen ke Rijeka pada musim panas 2013.

Baca Juga: Tribute Buat Luka Modric, dari Pelukan hingga Tepuk Tangan

5. Josko Gvardiol

9 Pemain Aktif yang Pernah Berseragam Dinamo Zagreb, Ada Luka ModricJosko Gvardiol (twitter.com/gnkdinamo)

Josko Gvardiol adalah bek muda menjanjikan yang memperkuat RB Leipzig. Pemain 21 tahun ini merupakan produk akademi Dinamo Zagreb. Dia sudah bermain untuk untuk beberapa kelompok umur dan mendapat promosi ke tim utama pada 2019.

Gvardiol mampu menunjukkan permainan yang solid sehingga beberapa kali tampil menjadi starter dan tampil selama 90 menit. Dia ikut berkontribusi mempersembahkan Piala Kroasia pada 2021.

Pemai kelahiran Zagreb tersebut tampil dengan tim utama dalam 52 pertandingan. Ia mampu membuat 4 gol dan 3 assist. Penampilan luar biasanya menarik minat beberapa tim. Dia lantas hengkang setelah mendapat tawaran dari RB Leipzig pada musim panas 2021.

6. Borna Sosa

9 Pemain Aktif yang Pernah Berseragam Dinamo Zagreb, Ada Luka ModricBorna Sosa (twitter.com/gnkdinamo)

Borna Sosa adalah bek kiri muda yang bermain untuk VfB Stuttgart. Pemain 25 tahun tersebut merupakan jebolan akademi Dinamo Zagreb. Dia sudah membela tim berjuluk Modri tersebut sejak kecil dan mendapat promosi ke skuad utama pada 2016.

Ia tak langsung mendapat tempat utama pada musim pertama. Sosa lebih sering duduk di bangku cadangan. Dia akhirnya mendapat kepercayaan pelatih sehingga beberapa kali menjadi starter dan tampil selama 90 menit di berbagai ajang.

Borna Sosa ikut berkontribusi mengantarkan Dinamo Zagreb menjuarai berbagai gelar domestik. Dia tampil dalam 41 pertandingan dengan menyumbang 6 assist. Bek asal Kroasia tersebut memilih hengkang ke VfB Stuttgart pada musim panas 2018.

7. Marcelo Brozovic

9 Pemain Aktif yang Pernah Berseragam Dinamo Zagreb, Ada Luka ModricMarcelo Brozovic (twitter.com/gnkdinamo)

Marcelo Brozovic merupakan gelandang bertahan yang mempunyai peran penting untuk Inter Milan. Pemain asal Kroasia tersebut pernah bermain untuk Dinamo Zagreb setelah didatangkan dari NK Lokomotiva pada musim panas 2012.

Tak butuh waktu lama, Brozovic berhasil menembus skuad utama sehingga sering main sebagai starter. Dia mampu menjadi pilar penting di lini tengah dan berkontribusi mempersembahkan gelar Liga Kroasia.

Brozovic tampil dalam 96 pertandingan dengan menyumbang 13 gol dan 15 assist. Dia sempat dipinjamkan ke Inter Milan dan dipermanenkan pada musim panas 2016.

8. Mislav Orsic

9 Pemain Aktif yang Pernah Berseragam Dinamo Zagreb, Ada Luka ModricMislav Orsic (twitter.com/gnkdinamo)

Mislav Orsic merupakan penyerang sayap yang bergabung dengan Southampton pada musim dingin 2023. Dia sempat bermain untuk Dinamo Zagreb setelah didatangkan dari Ulsan Hyundai saat 2018.

Orsic diproyeksikan untuk menambah produktivitas gol Dinamo Zagreb. Benar saja, dia berhasil mengamankan tempat utama dan sering dipasang menjadi starter. Pemain asal Kroasia tersebut mampu menjawab ekspektasi dan mempersembahkan berbagai gelar domestik.

Pemain 30 tahun ini tampil dalam 214 pertandingan dengan membuat 91 gol dan 40 assist. Orsic sukses menjelma menjadi penyerang yang diperhitungkan di liga.

9. Dani Olmo

9 Pemain Aktif yang Pernah Berseragam Dinamo Zagreb, Ada Luka ModricDani Olmo (twitter.com/gnkdinamo)

Dani Olmo merupakan gelandang serang yang didatangkan Dinamo Zagreb dari Barcelona pada musim panas 2014. Dia harus bermain dengan tim lapis kedua terlebih dahulu sebelum mendapat promosi dengan skuad utama.

Pemain Timnas Spanyol ini mampu menembus skuad utama dan menjadi bagian penting di lini tengah Dinamo Zagreb. Berkat penampilan yang luar biasa, Olmo berkontribusi dengan menghadirkan banyak gelar domestik untuk Modri.

Gelandang 24 tahun tersebut bermain dalam 124 pertandingan dengan membuat 34 gol dan 28 assist. Performa impresifnya membuat dilirik beberapa tim. Dia akhirnya memilih bergabung dengan RB Leipzig pada musim dingin 2020.

Kesembilan pemain di atas pernah tampil membela Dinamo Zagreb. Mereka mampu memberikan kontribusi sehingga menghadirkan berbagai gelar untuk tim asal Kroasia tersebut.

Baca Juga: 10 Potret Josko Gvardiol, Bek Muda Kroasia Andalan RB Leipzig

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya