8 Pemain Brasil yang Pernah Hidup di Favela

Ada yang sudah menjadi politikus

Favela merupakan permukiman padat penduduk yang berada di sejumlah wilayah Brasil. Bukan rahasia lagi jika tempat itu memiliki kehidupan yang keras. Banyak terjadi kasus kriminal.

Meski memiliki kehidupan yang jauh dari kata mapan, favela nyatanya banyak melahirkan pemain sepak bola berbakat, yang mampu membuat harum nama Brasil. Ada beberapa pemain terkenal yang pernah hidup di sana.

Siapa sajakah pemain Brasil yang pernah hidup di favela?

1. Rivaldo

8 Pemain Brasil yang Pernah Hidup di FavelaRivaldo (twitter.com/FIFAWorldCup)

Rivaldo adalah mantan gelandang serang yang sudah memenangi berbagai gelar. Dirinya memulai segalanya dengan susah payah. Semasa kecil, ia harus mengalami malnutrisi karena mempunyai kehidupan yang miskin.

Bintang asal Brasil ini bekerja sejak kecil demi membantu perekonomian keluarganya dengan menjadi tukang kebun, penjual permen karet, dan masih banyak lagi. Di sela-sela itu, ia bergabung dengan Paulista FC untuk mewujudkan mimpinya sebagai pesepak bola terkenal.

Benar saja, sepak bola mampu mengubah kehidupan Rivaldo menjadi lebih baik. Kariernya melaju pesat sampai bermain membela klub besar Eropa. Dirinya juga berhasil membuat keluarganya keluar dari favela dan hidup layak.

2. Romario

8 Pemain Brasil yang Pernah Hidup di FavelaRomario (twitter.com/FIFAWorldCup)

Romario adalah mantan penyerang yang pernah membawa Brasil menjadi juara Piala Dunia 1994. Dirinya lahir dan dibesarkan di salah satu daerah kumuh Rio de Janeiro. Kemiskinan menjadi teman akrabnya semasa kecil.

Romario kecil sangat mencintai sepak bola. Ia pun mendapat dukungan penuh dari sang ayah yang ingin melihat putranya menjadi pemain hebat. Namun, ia pernah mengalami penolakan untuk bergabung dengan tim karena memiliki postur yang kecil.

Dirinya tidak menyerah dan akhirnya mendapat kontrak profesional pertamanya dengan CR Vasco da Gama. Penyerang satu ini mampu tampil menawan sehingga bisa bermain di berbagai klub top Eropa.

Romario selepas pensiun dari dunia sepak bola profesional memilih untuk menjadi politikus di Brasil. Ia juga sempat menjadi anggota legislatif dan menyuarakan hak-hak disabilitas di negaranya.

3. Adriano

8 Pemain Brasil yang Pernah Hidup di FavelaAdriano (twitter.com/CBF_Futebol)

Adriano adalah mantan penyerang top yang pernah tampil luar biasa di Eropa. Pemain kelahiran Rio de Janeiro ini memiliki masa kecil yang sangat keras. Dirinya harus hidup di permukiman kumuh yang rawan dengan kriminalitas.

Meski begitu, ia tidak mau menyerah dengan keadaan dan memilih mewujudkan mimpinya sebagai pesepak bola. Adriano kemudian bergabung dengan CR Flamengo dan mampu menembus sepak bola Eropa.

Penyerang satu ini mempunyai kebiasaan untuk pergi berpesta dan ketergantungan alkohol sehingga tidak bisa fokus dengan sepak bola. Pada 2016, Adriano memutuskan pensiun dari dunia kulit bundar.

Dirinya sempat dikabarkan bangkrut dan harus kembali hidup di favela. Mantan penyerang ini juga sempat bergabung dengan geng di Rio de Jaineiro.

4. Ronaldo

8 Pemain Brasil yang Pernah Hidup di FavelaRonaldo (twitter.com/CBF_Futebol)

Ronaldo Luis Nazario de Lima alias Ronaldo merupakan mantan penyerang yang mengantarkan Brasil juara Piala Dunia 2002. Dirinya tidak langsung sukses. Ia pernah mengalami putus sekolah karena mengalami kemiskinan.

Pemain kelahiran Rio de Janeiro ini kemudian menekuni sepak bola dengan bermain untuk tim lokal di kotanya. Dirinya lantas memutuskan bergabung dengan Cruzeiro untuk mendapat kontrak profesional. Ia mendapat sorotan sebagai bintang muda Brasil.

Benar saja, Ronaldo mampu tampil impresif. Itu membawanya sampai tampil memperkuat tim besar Eropa. Sepak bola mampu membuatnya lepas dari jerat kemiskinan.

Baca Juga: 9 Potret Christiano Ronaldo di Acara Founding Day Saudi, Pakai Jubah  

5. Ronaldinho

8 Pemain Brasil yang Pernah Hidup di FavelaRonaldinho (fcbarcelona.com)

Ronaldo de Assis Moreira yang akrab disapa Ronaldinho ini merupakan gelandang serang legendaris asal Brasil. Dirinya telah mendapatkan berbagai gelar saat masif aktif bermain sepak bola.

Ronaldinho terlahir di lingkungan yang penuh dengan kemiskinan. Namun, rumahnya berdekatan dengan Estadio Olimpico Monumental. Hal tersebut membuat mimpinya sebagai pemain sepak bola makin menggebu-gebu.

Gelandang satu ini kemudian mendapat kontrak profesional pertamanya bersama Gremio Foot-Ball Porto Alegres. Ronaldinho saat itu dianggap sebagai bakat muda menjanjikan Brasil. Ia berhasil melebarkan sayap dengan tampil di Eropa. Bahkan, menjadi salah satu pemain terbaik yang pernah ada di dunia sepak bola.

6. Antony 

8 Pemain Brasil yang Pernah Hidup di FavelaAntony (twitter.com/ManUtd)

Antony adalah penyerang sayap yang bergabung dengan Manchester United pada bursa transfer musim panas 2022. Dirinya lahir di Sao Paulo yang merupakan kota besar di Brasil, tetapi itu semua tidak menjamin kehidupan yang mapan.

Dirinya harus tinggal di favela yang dianggapnya sebagai neraka karena hampir tiap hari ada saja kriminalitas di sana. Hal tersebut membuat Antony tidak nyaman dan berusaha menjadi orang sukses sehingga bisa membuat keluarganya pergi dari daerah tersebut.

Antony kemudian menemukan sepak bola sebagai cara untuk pergi dari favela. Dirinya bergabung dengan Sao Paulo FC dan mampu tampil luar biasa. Bakatnya ternyata banyak mendapat lirikan dari tim Eropa. Pada 2020, ia memutuskan melanjutkan karier bersama Ajax Amsterdam. Antony kini bermain bersama Manchester United.

7. Gabriel Jesus

8 Pemain Brasil yang Pernah Hidup di FavelaGabriel Jesus (twitter.com/Arsenal)

Gabriel Jesus merupakan penyerang yang saat ini bermain untuk Arsenal. Dirinya lahir dan besar di Sao Paulo. Kehidupannya tidak muda, ia tumbuh di lingkungan yang penuh dengan kemiskinan dan kriminalitas.

Pada 2014, Gabriel Jesus pernah tertangkap kamera sedang mengecat trotoar karena Brasil menjadi tuan rumah Piala Dunia. Hal tersebut menjadi ikonik karena dirinya ternyata mampu bertransformasi menjadi bintang sepak bola. 

Nama Gabriel Jesus sekarang sangat dibanggakan masyarakat di kampung halamannya karena bisa bergabung dengan Manchester City pada 2017. Dirinya mampu mengubah nasib berkat sepak bola.

8. Douglas Luiz

8 Pemain Brasil yang Pernah Hidup di FavelaDouglas Luiz (twitter.com/AVFCOfficial)

Douglas Luiz adalah gelandang tengah yang saat ini bermain untuk Aston Villa. Ia berasal dari Rio de Jaineiro. Dirinya tumbuh dengan ekonomi yang serbakekurangan. Meski begitu, sang ayah terus mendukung kariernya dalam bermain sepak bola.

Luiz mampu membuktikan kemampuannya sehingga bisa mendapat kontrak pertamanya dengan CR Vasco da Gama. Penampilannya makin luar biasa sehingga Manchester City datang untuk memboyong talenta asal Brasil ini pada 2017.

Dirinya bangga berasal dari favela karena berhasil mewujudkan mimpi sebagai pesepak bola hingga menembus Eropa. Ia juga sukses membuat keluarganya untuk hidup lebih layak lagi.

Kedelapan pemain Brasil di atas pernah merasakan kehidupan keras di favela. Mereka semua tidak mau menyerah dan memilih untuk mewujudkan mimpi menjadi pesepak bola kelas dunia.

Baca Juga: Ronaldinho: Sulit Sebut Messi Pemain Terbaik Sepanjang Masa

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya