9 Pemain Ternama yang Pernah Merumput di Sunderland, Ada Borini

Beberapa sudah gantung sepatu 

Sunderland pernah meramaikan English Premier League (EPL). Namun, klub yang bermarkas di Stadium of Light ini harus degradasi dari divisi tertinggi Liga Inggris pada 2016/2017.

Meski sudah lama belum mengangkat piala lagi, Sunderland ternyata sering diperkuat pesepak bola kenamaan. Siapa saja penggawa The Black Cats yang dimaksud?

Berikut pemain ternama yang pernah merumput di Sunderland!

1. Jermain Defoe

9 Pemain Ternama yang Pernah Merumput di Sunderland, Ada BoriniJermain Defoe (twitter.ocm/SunderlandAFC)

Jermain Defoe merupakan penyerang yang pernah membela berbagai tim di Inggris. Dia pertama kali berseragam Sunderland setelah didatangkan dari Toronto FC pada 2015.

Penyerang kelahiran London ini kemudian kembali memperkuat Sunderland pada pengujung karier profesionalnya. Defoe hadir ke Stadium of Light secara gratis dari Glasgow Rangers pada 2022.

Jermain Defoe sudah jarang mendapat menit bermain. Dirinya lebih sering memulai pertandingan dari bangku cadangan saat itu. Dia tampil dengan skuad The Black Cats dalam 100 laga dengan membuat 37 gol dan 4 assist. Defoe lantas memilih menutup karier bersama Sunderland pada 2022.

2. Jordan Henderson

9 Pemain Ternama yang Pernah Merumput di Sunderland, Ada BoriniJordan Henderson (twitter.com/SunderlandAFC)

Jordan Henderson merupakan gelandang tengah yang sejak belia menimba ilmu di akademi Sunderland. Dirinya mampu tampil impresif sehingga mendapat promosi ke skuad utama pada 2008.

Karier Henderson tidak langsung mulus. Dia sempat dipinjamkan ke Conventry City untuk menambah menit bermain. Hal ini terbukti ampuh. Dia berhasil meningkatkan kemampuan dan menjadi pilar penting di lini tengah Sunderland.

Gelandang kelahiran Sunderland ini sudah tampil dalam 79 laga dengan membuat 5 gol dan 11 assist. Hanya bertahan beberapa musim, Jordan Henderson menerima tawaran dari Liverpool pada 2011.

3. Jordan Pickford

9 Pemain Ternama yang Pernah Merumput di Sunderland, Ada BoriniJordan Pickford (twitter.com/SunderlandAFC)

Jordan Pickford adalah kiper jebolan akademi Sunderland. Dirinya sukses tampil luar biasa sehingga mendapat promosi ke skuad utama pada 2013. Meski begitu, dia tidak langsung tampil karena lebih sering dipinjamkan ke tim lain.

Kiper yang kini berusia 29 tahun ini baru mendapat kesempatan tampil reguler bersama Sunderland pada 2016/2017. Dirinya mampu membuktikan kemampuannya sehingga sering menjadi starter tim. Pickford tampil dalam 35 laga bersama The Black Cats.

Penampilan memukaunya di bawah mistar gawang membuat Everton tertarik. Jordan Pickford lantas memilih bergabung dengan The Toffees pada musim panas 2017.

4. Marcos Alonso

9 Pemain Ternama yang Pernah Merumput di Sunderland, Ada BoriniMarcos Alonso (twitter.com/SunderlandAFC)

Marcos Alonso adalah bek kiri yang sekarang bermain untuk Barcelona. Dirinya ternyata pernah merumput bersama Sunderland pada 2014. Dia saat itu berstatus pemain pinjaman dari Fiorentina.

Meski hanya dipinjamkan selama setengah musim, Alonso mampu bersaing dan merebut tempat di pos bek kiri Sunderland. Pemain asal Spanyol ini juga pernah mengantar The Black Cats maju hingga ke final Piala Liga Inggris 2014.

Marcos Alonso tampil dalam 20 pertandingan dan membuat 2 assist untuk Sunderland. Pada akhir 2013/2014, dirinya kembali memperkuat Fiorentina.

Baca Juga: 5 Eks Pemain Sunderland yang Kini Jadi Andalan di Klub Besar Eropa

5. Jonny Evans

9 Pemain Ternama yang Pernah Merumput di Sunderland, Ada BoriniJonny Evans (twitter.com/SunderlandAFC)

Jonny Evans adalah bek tengah yang saat ini membela Leicester City. Pemain asal Irlandia Utara ini pernah membela Sunderland setelah dipinjamkan Manchester United pada 2007.

Bek kelahiran Belfast ini mampu menembus skuad utama dan menjadi tembok kokoh Sunderland. Dirinya kerap dipercaya tampil selama 90 menit bersama The Black Cats di berbagai ajang.

Jonny Evans tampil sebanyak 35 kali dengan membuat 1 gol untuk Sunderland. Dia kembali memperkuat Manchester United setelah masa peminjamannya habis pada 2008.

6. Asamoah Gyan

Asamoah Gyan merupakan penyerang yang didatangkan Sunderland dari Stade Rennais pada musim panas 2010. Pemain asal Ghana ini dihadirkan untuk menambah produktivitas gol tim yang bermarkas di Stadium of Light tersebut.

Benar saja, Asamoah Gyan beberapa kali mampu menjadi ujung tombak andalan Sunderland. Meski penampilannya tidak terlalu buruk bersama The Black Cats, pemain asal Ghana ini harus dipinjamkan ke Al Ain FC.

Gyan hanya tampil dalam 37 laga dengan menorehkan 11 gol dan 4 assist untuk Sunderland. Pemain kelahiran Accra ini dilepas secara permanen ke Al Ain FC pada 2012.

7. Djibril Cisse

9 Pemain Ternama yang Pernah Merumput di Sunderland, Ada BoriniDjibril Cisse (twitter.com/SunderlandAFC)

Djibril Cisse pernah bermain untuk Sunderland setelah dipinjamkan dari Olympique Marseille pada musim panas 2008. Pemain asal Prancis ini diproyeksikan untuk menambah daya gedor lini depan The Black Cats.

Cisse sukses menembus skuad utama dan tampil reguler di berbagai ajang bersama Sunderland. Dia mampu membuat 11 gol dan 2 assist selama 38 pertandingan berseragam The Black Cats.

Pesepak bola kelahiran Arles ini hanya semusim bersama Sunderland. Djibril Cisse kembali ke Olympique marseille pada 2009.

8. Fabio Borini

9 Pemain Ternama yang Pernah Merumput di Sunderland, Ada BoriniFabio Borini (twitter.com/SunderlandAFC)

Fabio Borini merupakan penyerang sayap yang saat ini bermain bersama Fatih Karagumruk SK. Pemain asal Italia ini ternyata pernah membela Sunderland dengan status pinjaman dari Liverpool pada 2013.

Borini mampu mendapat kepercayaan pelatih sehingga sering dimainkan secara reguler di berbagai ajang bersama Sunderland. The Black Cats sangat percaya kepada pemain asal Italia tersebut sehingga dipermanenkan pada 2015.

Fabio Borini tampil dalam 93 pertandingan dengan membuat 17 gol dan 6 assist dengan Sunderland. Dirinya lalu hengkang dari Stadium of Light ke AC Milan pada 2018.

9. Joleon Lescott

9 Pemain Ternama yang Pernah Merumput di Sunderland, Ada BoriniJoleon Lescott (twitter.com/SunderlandAFC)

Joleon Lescott merupakan bek tengah yang pernah bergabung dengan Sunderland setelah berstatus tanpa tim pada 2017. Dia berseragam The Black Cats pada pengujung karier profesionalnya.

Mantan bek Timnas Inggris ini tidak bisa berkontribusi maksimal karena lebih sering duduk sebagai pemain cadangan Sunderland. Joleon Lescott diberikan kesempatan dua laga bersama The Black Cats. Dirinya akhirnya memutuskan pensiun pada akhir 2016/2017.

Sembilan pemain ternama di atas pernah bermain dengan Sunderland. Beberapa dari mereka bahkan menutup karier profesionalnya di tim berjuluk The Black Cats tersebut.

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Pernah Membela Sunderland dalam Sedekade Terakhir

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya