4 Pemain yang Dilepas Gratis Galatasaray pada Musim Panas 2023

Ada yang sudah menemukan tim baru

Galatasaray menunjukkan performa yang luar biasa sepanjang 2022/2023. Tim berjuluk Cimbom ini sukses menjadi juara Super Lig Turki. Itu membuat mereka akan tampil di Liga Champions Eropa pada musim depan.

Meski tampil mendominasi, Galatasaray masih bongkar pasang pada musim panas 2023. Mereka melakukan hal tersebut demi menciptakan kedalaman skuad yang solid. Ada empat pemain yang dilepas gratis Galatasaray pada musim panas 2023.

Siapa saja para penggawa yang pergi cuma-cuma dari Cimbom itu?

1. Juan Mata

4 Pemain yang Dilepas Gratis Galatasaray pada Musim Panas 2023Juan Mata (twitter.com/juanmata8)

Juan Mata merupakan gelandang serang kreatif yang bergabung dengan Galatasaray secara gratis dari Manchester United pada musim panas 2022. Pemain asal Spanyol tersebut mendapat kontrak 1 tahun. Pengalamannya berguna untuk meningkatkan produktivitas gol tim.

Juan Mata hadir sebagai pelapis dalam skema permainan Galatasaray. Gelandang serang 35 tahun ini hanya beberapa kali mendapat kesempatan untuk tampil menjadi starter. Meski begitu, dirinya ikut mempersembahkan juara Super Lig 2023. Dia telah bermain dalam 18 laga dengan mencetak 3 gol dan 2 assist. Namun, karena usia, Mata sendiri dilepas secara gratis pada musim panas 2023.

2. Bafetimbi Gomes

4 Pemain yang Dilepas Gratis Galatasaray pada Musim Panas 2023Bafetimbi Gomis (twitter.com/GalatasaraySK)

Bafetimbi Gomes pernah membela Galatasaray pada 2018. Penyerang 37 tahun ini memilih kembali memperkuat tim asal Turki tersebut pada musim dingin 2022. Dirinya hadir secara gratis dari Al-Hilal. Dia mendapatkan kontrak selama 1,5 tahun bersama Cimbom.

Penyerang kelahiran La Seyne-sur-Mer masih mendapat kesempatan menjadi starter di berbagai ajang. Namun, menit bermainnya mulai berkurang pada musim terakhir bersama Galatasaray. Gomes total tampil dalam 86 laga dengan mencetak 51 gol dan 9 assist. Pemain asal Prancis ini lantas dilepas gratis oleh Cimbom pada musim panas 2023. 

Baca Juga: 7 Pemain Kunci yang Bawa Galatasaray Juara Liga Turki 2022/2023

3. Okan Kocuk

4 Pemain yang Dilepas Gratis Galatasaray pada Musim Panas 2023Okan Kocuk (twitter.com/GalatasaraySK)

Okan Kocuk adalah kiper yang bergabung dengan Galatasaray secara gratis dari Bursaspor pada musim panas 2019. Pemain 27 tahun ini mendapat kontrak selama 4 tahun bersama tim asal Turki tersebut. Dirinya bisa menambah kedalaman, khususnya di lini belakang Cimbom.

Kocuk ternyata kesulitan menembus skuad utama dari Galatasaray. Kiper kelahiran Bursa ini lebih sering menjadi pelapis Fernando Muslera. Hal tersebut membuatnya harus dipinjamkan ke Giresunspor pada musim panas 2021.

Kiper 27 tahun ini hanya tampil dalam 29 pertandingan dengan kebobolan sebanyak 38 gol selama membela Galatasaray. Okan Kocuk lantas dilepas gratis pada musim panas 2023. Tak sampai lama menganggur, dirinya langsung menerima tawaran dari Samsunspor.

4. Emre Tasdemir

4 Pemain yang Dilepas Gratis Galatasaray pada Musim Panas 2023Emre Tasdemir (twitter.com/GalatasaraySK)

Emre Tasdemir adalah bek kiri yang bergabung secara gratis dengan Galatasaray dari Bursaspor pada musim dingin 2019. Pemain kelahiran Ankara ini dianggap sebagai rekrutan penting sehingga mendapat kontrak sampai 2023. Dirinya berfungsi untuk memperdalam kekuatan terutama di lini belakang Cimbom.

Namun kariernya tidak berjalan sesuai harapan, Emre kesulitan menembus skuad utama Galatasaray. Dirinya lantas dipinjamkan ke beberapa klub untuk mendapat menit bermain dan pengalaman. Bek 27 tahun ini hanya tampil dalam 37 pertandingan dengan menyumbangkan 1 gol dan 7 assist bersama tim asal Turki tersebut. Performa yang tak kunjung membaik membuatnya dilepas gratis pada musim panas 2023. Dia kemudian melanjutkan karier dengan membela Pendikspor.

Keempat pemain di atas dilepas gratis oleh Galatasaray pada musim panas 2023. Mereka semua sudah menunjukkan kontribusi terhadap permainan Cimbom. Tim asal Turki ini berpeluang menghadirkan penggawa baru mengingat bursa transfer masih belum ditutup.

Baca Juga: 7 Pemain Galatasaray 2022/2023 yang Pernah Berkarier di Serie A

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya