Epic Comeback! Belgia Kalahkan Jepang Setelah Tertinggal 2 Gol

#WorldCup2018, Comeback is real. Keajaiban terjadi di Rostov

Rostov-On-Don, IDN Times - Belgia berhasil keluar sebagai pemenang secara dramatis saat melawan Jepang di Rostov Arena setelah memenangkan laga dengan kedudukan 3-2. Tanpa diduga, Nacer Chadli justru menjadi juru selamat pada laga ini,

Sempat tertinggal dua gol, Belgia berhasil membalikkan keadaan. Perubahan taktik dari Roberto Matinez berhasil membenamkan harapan Jepang yang sempat bersinar. Lantas bagaimana jalannya pertandingan sepanjang 90 menit waktu normal dan 4 menit waktu tambahan? Yuk lanjut bacanya.

1. Belgia frustrasi menembus barisan belakang Jepang

Epic Comeback! Belgia Kalahkan Jepang Setelah Tertinggal 2 Golfifa.com

Pertandingan babak pertama antara Belgia kontra Jepang ditutup dengan skor kacamata. Meski begitu, jual-beli serangan terjadi sejak menit awal. Jepang sempat mengancam pada menit pertama melalui Shinji Kagawa. Tapi sayang tendangannya masih melebar. 

Kedua tim bermain dengan hati-hati. Determinasi Belgia tertahan oleh sembilan pemain Jepang yang berada di belakang garis tengah. Eden Hazard menjadi pemain yang hampir memporakporandakan lini belakang Jepang. Beberapa kali bola sodorannya kepada Witsel dan Romelu Lukaku membuahkan tendangan pojok.

Anak asuhan Roberto Martinez tercatat memiliki dua kesempatan emas untuk mencetak gol. Akan tetapi, dewi fortuna seakan menaungi Jepang sepanjang 45 menit pertama. Alhasil, bola sentuhan Lukaku dan Vincent Kompany hanya menghasilkan tendangan gawang. 

Babak pertama usai tanpa gol. Belgia cukup kesulitan menembus lini belakang tim besutan Akira Nishino yang rapat dan disiplin. Untuk sementara formasi 4-2-3-1 berhasil membuat Hazard cs frustrasi. 

2. Drama 5 gol lahirkan Chadli sebagai pahlawan Belgia

Epic Comeback! Belgia Kalahkan Jepang Setelah Tertinggal 2 GolFifa.com

Memasuki babak kedua, Jepang berhasil tampil mengejutkan. Hanya butuh satu menit bagi Genki Haraguchi untuk mencetak gol. Memanfaatkan kesalahan intersep Jan Vertonghen, pemain bernomor punggung delapan itu berhasil menyarangkan bola ke gawang pada tiang jauh gawang Belgia. 

Rode Duivels berupaya untuk memperkeci kedudukan. Namun sayang tendangan keras Hazard pada menit 47 hanya membentur mistar gawang. Alih-alih mempersempit jarak, Belgia justru kebobolan. Bak tendangan keras Tsubasa, Takashi Inui berhasil menciptakan gol indah dari luar kotak penalti. Tendangan kerasnya memaksa Thibaut Courtois untuk memungut bola yang kedua kalinya. 

Butuh waktu 69 menit bagi Belgia untuk memecah kebuntuan. Kali ini tandukan Vertonghen berhasil menebus kesalahannya. Secara tak terduga, sundulan pelannya di tengah kemelut justru bersarang di gawang Eiji Kawashima. Skor 2-1 untuk Belgia. 

Mertinez mulai mengubah formasi. Pada menit ke-68, Marouane Fellaini masuk menggantikan Dres Mertens. Unggul postur tubuh, bola-bola panjang dan tinggi mulai dimainkan oleh Belgia.

Publik Rostov-On-Don kembali dibuat bergemuruh pada menit ke-71 setelah pemain pengganti, Fellaini, berhasil mencatatkan namanya sebagai pencetak gol. Pertandingan semakin sengit dengan kedudukan 2-2.

Jepang melakukan penyegaran. Keisuke Honda dan Hotaru Yamaguchi dimasukkan untuk menambah daya gedor tim perwakilan Asia itu. Terbukti, Honda sempat beberapa kali mengancam gawang Courtois. 

Pada masa tambahan waktu babak kedua, menit ke-93, tendangan keras Honda hampir saja membawa Jepang unggul bila tidak diantisipasi sang kiper. Keajaiban justru terjadi menjelang peluit panjang dibunyikan. Skema serangan balik Kevin de Bruyne, Thomas Meunier, dan Lukaku berhasil menghantarkan bola ke kaki Chadli. Berdiri bebas, Chadli berhasil mencetak gol dan menjadi pahlawan Belgia. Unggul 3-2 memastikan Belgia lolos ke babak 8 besar Miracle in Rostov! 

3. Hazard tampil sebagai Man of The Match

Epic Comeback! Belgia Kalahkan Jepang Setelah Tertinggal 2 Goltwitter.com/FIFAWorldCup

Dilansir dari situs resmi FIFA, Hazard terpilih sebagai man of the match. Dengan hasil mengejutkan ini, Belgia lolos ke babak 8 besar dan akan berhadapan dengan Juara Piala Dunia sebanyak lima kali, yaitu Brasil. 

Di sisi lain, kekalahan ini menambah rekor buruk Jepang. Mereka masih gagal untuk nemebus babak 16 besar setelah melewati enam Piala Dunia. Gugurnya Jepang menandakan tersingkirnya seluruh perwakilan Asia pada perhetalan sepak bola empat tahunan ini. 

Baca juga: Dramatis, Belgia Singkirkan Jepang 3-2

Temukan berita, jadwal, dan skor Piala Dunia di IDN Times.

Topik:

  • Vanny El Rahman
  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya