Menang 5-2 dari Tunisia, Belgia Amankan Tiket 16 Besar

Daya serang Belgia terlalu menyeramkan buat Tunisia

Jakarta, IDN Times- Belgia berhasil mempermalukan Tunisia dengan skor 5-2. Lima gol Belgia diciptakan oleh Eden Hazard, Romero Lukaku, dan Michy Batshuayi. Sedangkan, dua gol hiburan Tunisia dilesakkan oleh Dylan Bronn dan Wahbi Khazri. 

Pesta gol Belgia menjadi modal penting sebagai bekal menghadapi Inggris. Apapun hasil pertandingan melawan The Three Lion nanti, Belgia sudah dipastikan akan lolos ke babak 16 besar. Lantas, bagaimanakah jalannya pertandingan Belgia vs Tunisia? Yuk baca di bawah ini.

1. Determinasi Belgia terlalu hebat bagi Tunisia

Menang 5-2 dari Tunisia, Belgia Amankan Tiket 16 Besar fifa.com

Pertandingan baru berjalan 5 menit, Belgia sudah memimpin melalui gol yang dilesakkan Hazard dari titik putih. Dengan begitu tenangnya, sentuhan pemain Chelsea itu bersarang di sisi kanan gawang Farouk Ben Mustapha. Rode Duivels tidak mengendurkan serangan. Hazard hampir saja menggandakan keunggulan pada menit ke-12. Namun, tendangan sang kapten masih terlalu lemah.  

Lukaku berhasil menggandakan kedudukan pada menit ke-16. Memanfaatkan kesalahan pemain Tunisia yang tidak siap menerima operan cepat, bola liar yang dimanfaatkan oleh Dries Mertens berhasil tiba di kaki Lukaku. Belgia unggul 2-0 atas Tunisia. 

Pertandingan berlangsung panas. Gelandang Tunisia bernomor 13, Ferjani Sassi, harus menerima kartu kuning pertama karena protes berlebih kepada wasit. Tekanan Les Aigles de Carthage tidak melemah. Alhasil, memanfaatkan umpan lambung Khazri, Bronn berhasil mengubah kedudukan. Skor 2-1, Belgia masih unggul. 

Tunisia harus kehilangan dua pemain andalannya. Sang pencetak gol, Bronn, harus ditarik keluar karena mengalami cedera pada menit ke-23. Begitupun pada menit ke-40, pemain bernomor 2 harus diganti oleh Ben Alouane karena cedera juga. 

Memasuki penghujung babak pertama, Belgia menambah keunggulan. Lukaku berhasil mencetak gol cantik setelah memanfaatkan bola sodoran Meunier. Belgia unggul 3-1 dari Tunisia. 

2. Gol Tunisia tidak bisa menyelamatkan dari kekalahan  

Menang 5-2 dari Tunisia, Belgia Amankan Tiket 16 Besar fifa.com

Memasuki tiga menit babak kedua, Tunisia hampir memperkecil kedudukan jika saja Anis Badri berhasil mengkonversinya menjadi gol. Keasyikan menyerang, Tunisia lalai dari serangan balik Belgia. Pada menit ke-51, Hazard memperbesar jarak setelah memanfaatkan sodoran dari Kevin Kevin De Bruyne. Hazard berhasil mengelabui dua pemain belakang dan melewati kiper Tunisia. Kedudukan 4-1 untuk Belgia. Begitupun dengan Tunisia. 

Skema permainan berubah. Tensi pertandingan mulai menurun. Marouane Fellaini masuk menggantikan Lukaku. Batshuayi masuk menggantikan Hazard. Nabil Maaloul menarik mundur Sassi dan memasukkan Naim Sliti untuk menambah daya gedor. 

Permainan menyerang Belgia tidak mengendur sedikitpun. Menggantikan Hazard, Batshuayi berhasil menciptakan 5 peluang dengan 3 tendangan mengarah ke gawang dan satu tendangannya berhasil menjadi gol. Menit ke-90 Batshuayi merubah kedudukan menjadi 5-1. 

Jelang laga berakhir, Tunisia mendapat gol hiburan. Kali ini giliran sang kapten kesebalasan yang memperkecil jarak. Umpan dari Sliti berhasil dikonversi menjadi gol oleh Khazri. Skor berubah menjadi 5-2. 

3. Belgia kokoh puncaki grup G

Menang 5-2 dari Tunisia, Belgia Amankan Tiket 16 Besar Telesur

Eden Hazard terpilih sebagai man of the match pada pertandingan kali ini. Belgia berhasil menciptakan 12 peluang, sedangkan Tunisia hanya 5. Penguasaan bola dikuasai oleh Belgia sebanyak 52 persen dan Tunisia hanya mampu mendapat 48 persen. 

Dengan hasil gemilang ini, Belgia mengkokohkan posisinya sebagai jawara Grup G dengan 6 poin. Sedangkan Tunisia, harus terbenam di dasar grup. Jika nanti Inggris berhasil mengalahkan Panama, apapun hasil pertandinga Belgia melawan Inggris tetap meloloskannya ke babak 16 besar.

Baca juga: Babak I: Lukaku Cemerlang, Belgia Unggul Sementara 3-1

Topik:

  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya