VAR Banyak Diprotes, FIFA akan Gelar Pertemuan Khusus

#WorldCup 2018 Kamu setuju tidak dengan panggunaan VAR?

Jakarta, IDN Times - Penggunaan teknologi Video Assistant Referee (VAR) menuai kontroversi. Pertandingan antara Perancis melawan Australia menjadi kali pertama teknologi VAR digunakan dalam sejarah Piala Dunia. 

1. VAR dinilai tidak menyelesaikan seluruh masalah   

VAR Banyak Diprotes, FIFA akan Gelar Pertemuan Khusus fifa.com

Prancis, melalui Antoine Griezmann, menjadi pihak yang diuntungkan atas teknologi canggih itu. Di sisi lain, pelatih Australia, Bert van Marwijk, mengutarakan kekecewaan atas keputusan wasit asal Uruguay itu karena memberikan hadiah penalti kepada Prancis. Apalagi, keputusan tersebut diambil setelah sang wasit tanpa ragu menyatakan tindakan Josh Rishdon bukan sebagai pelanggaran.  

Direktur Wasit FIFA Massimo Busacca seakan mengetahui bahwa VAR akan menuai pro-kontra. Dia pernah mengatakan bahwa penggunaan VAR akan membantu wasit untuk mengambil keputusan yang benar. Kendati begitu, dia turut menyatakan bahwa penggunaan VAR tidak akan menyelesaikan seluruh permasalahan di lapangan. 

2. Brasil mempertanyakan kualitas VAR  

VAR Banyak Diprotes, FIFA akan Gelar Pertemuan Khusus fifa.com

Brasil menjadi negara pertama yang melayangkan protes kepada FIFA atas penggunaan VAR. Dilansir melalui Goal.com, The Brazilian Football Confederation (CBF) mengirimkan surat yang tertuju kepada Presiden FIFA Gianni Infantino setelah pertandingan melawan Swiss yang berhasil imbang 1-1.

Menurut CBF, Steven Zuber sangaja mendorong Miranda pada dua kesempatan yang berbeda. Kemudian, CBF juga menilai seharusnya wasit memberikan hadiah penalti kepada Brasil Gabriel Jesus dijatuhkan oleh Manuel Akanji. 

Negeri Samba merasa dirugikan lantaran wasit lapangan dan wasit VAR tidak melihat hal tersebut sebagai sebuah pelanggaran.

3. FIFA akan gelar pertemuan khusus membahas VAR

VAR Banyak Diprotes, FIFA akan Gelar Pertemuan Khusus StarrsportsGH

Dilansir dari mirror.co.uk, FIFA berencana mengadakan pertemuan dengan para wasit pekan depan untuk membahas penggunaan VAR, terkhusus pada perhelatan sepak bola terbesar yang tengah berlangsung di Moskow. 

Nantinya, usai pertemuan tersebut, FIFA akan menjelaska kepada publik secara gamblang fungsi sebenarnya dari VAR. 

Baca Juga: Hasil Akhir: Portugal Menang 1-0 atas Maroko

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya