Inilah Pencetus Kartu Kuning & Merah Dalam Dunia Sepak Bola

Nih orangnya. Baca di dalam artikel ya

"Anda saling menendang dan membunuh satu sama lain, tetapi saat pertandingan usai, kalian kembali menjadi teman.”

Clint Mathis, Mantan pemain sepak bola Amerika Serikat Tahun 1998-2005.

Ketika seorang pemain sepak bola melakukan pelanggaran cukup keras kepada lawan, maka wasit memberikan kartu kuning sebagai tanda peringatan, dengan tujuan agar pemain tidak mengulangi pelanggaran serupa.

Namun, jika pemain kembali melakukannya lagi dan wasit menilai itu sebagai pelanggaran yang keras, maka sang pengadil lapangan langsung mengeluarkan kartu merah,. Sehingga pemain harus meninggalkan lapangan. Bahkan harus absen selama dua sampai tiga pada pertandingan selanjutnya.

Kendati demikian, tahukah kamu  siapa pencetus kartu kuning dan kartu merah dalam dunia sepak bola?

Melansir dari Kompas.com, dia adalah Ken Aston yang memulai karier sebagai pengadil lapangan saat berusia 20 tahun. Kala itu, dirinya kerap melihat kerancuan verbal saat pertandingan sepak bola berjalan. Utamanya ketika penyelenggaraan Piala Dunia tahun 1962 dan 1966.

Sikap itu yang kemudian membuat Aston mencari terobosan dalam dunia sepak bola, lalu dijadikan sistem hukum yang mampu dipahami dan dimengerti oleh pemain, pelatih, official dan suporter. 

Dikutip dari laman Historia, awal mula ide kartu kuning dan merah muncul di pikiran Ken Aston ketika ia sedang mengemudikan mobilnya.

“Saat saya sedang mengemudi di Jalan Raya Kensington, lampu lalu lintas menyala merah. Saya lantas berpikir: Kuning berarti peringatan untuk berhati-hati, dan merah berhenti – kamu dikeluarkan,” kata Aston seperti dikutip Gavin Mortimer dalam A History of Football in 100 Objects.

Berkat ide sederhana dan cemerlang Ken, sapaan akrab Ken Aston, federasi sepak bola dunia (FIFA) resmi menerapkan sistem hukuman dunia sepak bola (Kartu kuning–merah), yang pertama kali dilakukan dalam pagelaran Piala Dunia 1970 di Meksiko.

Alhasil, sistem hukuman tersebut berjalan lancar. Jumlah kartu kuning yang dikeluarkan wasit saat piala dunia di Meksiko sebanyak 33 kartu (1,03 per pertandingan) dan tidak ada kartu merah. Kala itu, tim yang berhasil keluar sebagai juara adalah Brasil, setelah mengalahkan Italia dengan skor 4-1.

Wimpie Photo Writer Wimpie

Tak Harus Kencang Untuk Berlari

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya