Didenda Ratusan Juta, Pep Guardiola Masih Bisa Pakai Pita di Sini

Bebas saat laga Liga Champions Eropa

FA Inggris akhir memutuskan menjatuhkan hukuman denda sebesar lebih dari Rp 380 juta (£20.000) kepada Pep Guardiola hari Jumat kemarin (9/3/2018) dan diberikan peringatan untuk tidak mengulangi tindakannya mengenakan simbol 'bermuatan politis'.

Hukuman ini dijatuhkan setelah Pep Guardiola tidak mengajukan keberatan atas dakwaan yang disampaikan oleh FA hari Senin kemarin (5/3/2018), namun Sang Pelatih masih bisa memakai pita kuning, yang menjadi pangkal persoalan, di beberapa tempat.

1. Didenda setelah abaikan dua peringatan lisan FA Inggris

Didenda Ratusan Juta, Pep Guardiola Masih Bisa Pakai Pita di Sinitwitter.com/sportsdrag

Setelah diberikan dua kali peringatan lisan untuk menghentikan aksinya mengenakan pita kuning selama berada di lapangan, Pep kembali melakukan aksinya saat mendampingi timnya berlaga di FA Cup melawan Wigan tanggal 19 Februari 2018, yang membuat FA Inggris secara resmi mengajukan dakwaan resmi, demikian dilansir dari The Guardian.

Pep Guardiola sudah mengenakan pita kuning sejak bulan November 2018 lalu saat Pemerintah Pusat Spanyol melakukan penangkapan atas dua pemimpin Catalan yang menyelenggarakan referendum untuk memerdekakan diri dari Spanyol demikian dilansir dari BBC.

Dua pemimpin Catalan saat ini sedang berada dalam tahanan Pemerintah Spanyol yaitu Jordi Cuixart and Jordi Sanchez atas aksi mereka melakukan referendum yang dianggap liar oleh Pemerintah Pusat Spanyol.

2. CEO FA Inggris sempat bikin kehebohan tanggapi pita kuning Pep Guardiola

Didenda Ratusan Juta, Pep Guardiola Masih Bisa Pakai Pita di Sinitwitter.com/BBCSport

Kehebohan mengenai pemakaian pita kuning oleh Pep Guardiola sempat memanas setelah hari Minggu kemarin CEO FA Inggris, Martin Glenn mengeluarkan sebuah pernyataan yang memicu kontroversi dalam usahanya menjelaskan sikap FA Inggris mengenai hal ini.

Saat itu Martin Glenn menyamakan Bintang Daud dengan berbagai simbol lainnya seperti palu dan arit, swastika, atau gambar Robert Mugabe di kaos seseorang yang menurutnya memiliki muatan politis termasuk pita kuning yang menurutnya tidak sesuai dengan regulasi mengenai iklan dan busana asosiasi yang dipimpinnya.

Dilansir dari Forbes, Sang CEO akhirnya harus meminta maaf secara publik atas pernyataannya tersebut yang dianggap lancang menyamakan simbol keagamaan dengan beberapa hal yang disebutkannya di atas.

3. Pep Guardiola putuskan berhenti pakai pita kuning di liga domestik Inggris

Didenda Ratusan Juta, Pep Guardiola Masih Bisa Pakai Pita di Sinitwitter.com/euronews

Setelah pengumuman hukuman denda tersebut, Pelatih Manchester City ini mengumumkan bahwa dia tidak akan memakai pita kuning lagi saat mendampingi klubnya bemain di liga domestik Inggris.

Namun Pep Guardiola masih bisa mengenakan pita kuning tersebut dalam konferensi pers jelang dan pasca laga. Malah Pep Guardiola bebas mengenakannya saat berlaga di Liga Champions Eropa karena UEFA tidak mempermasalahkan hal tersebut.

y d margalay Photo Verified Writer y d margalay

Happiness is a conscious choice, not an automatic response

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya